6 Tempat Wisata Murah Meriah di Semrarang (Dibawah 5k)

Wisata atau piknik telah menjadi kebutuhan tersendiri bagi manusia di era sekarang ini. Bagi saya sendiri yang berstatus sebagai mahasiwi di salah satu Univ Semarang, wisata sudah menjadi agenda yang wajib direalisasikan setiap menemui waktu senggang. Namun masalahnya adalah tidak semua tempat wisata ramah untung kantong dan dompet. 

Nah berikut adalah ringkasan singkat mengenai tempat-tempat wisata yang murah dan tidak menguras kantung di sekitar Semarang. Selain murah, objek yang akan saya bahas kali ini juga tidak kehilangan unsur menariknya, yuk simak ;)

1. MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah)


Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah. Meskipun baru diresmikan pada tanggal 14 Nopember 2006, tapi masjid ini telah difungsikan untuk ibadah jauh sebelum tanggal peressmian tersebut.
Di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna Lantai 2 dan 3, Hotel Graha Agung di sisi Utara dan resto yang memiliki view terbaik di Kota Semarang ini di Tower Asmaul Husna Lantai 18.
MAJT dibuka setiap hari untuk umum. Bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi banyak yang berkunjung kesana untuk tujuan wisata pula. Daya tarik utamanya adalah bangunannya yang mirip dengan bangunan Masjid Nabawi di Makkah. Untuk dapat menikmati suasana masjid MAJT, pengunjung hanya perlu membayar Rp 2000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp 5000 untuk pengguna mobil. 

2. Pantai Maron


Pantai maron terletak didaerah Semarang bagian barat, atau dimuara Sungai Silandak. Suasana pantai yang jarag ditemui di Semarang membuat pantai ini selalu ramai pengunjung, terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Namun sayangnya jalan menuju ke pantai ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, jadi sebaiknya anda menghindari datang ke pantai maron pada saat hujan karena aksesnya akan sangat sulit. Harga untuk masuk ke lokas hanya adalah Rp 5000,- per orang. 

3. Pantai Marina


Selain pantai maron, salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi di Semarang adalah Pantai Marina. Pantai ini terletak di jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Pantai ini dibuka setiap hari selama 24 jam. 
Disediakan pula perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling. Disediakan pula mobil balap bagi yang ingin menghibur diri sekitar pantai. Untuk dapat merasakan keindahan pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 3000,- per orang.

4. Air terjun Kalipancur


Air terjun yang terletak di Desa Nogosaren, Semarang ini mempunyai tinggi 150 m dengan dihiasi oleh bebatuan alam dan pepohonan hijau rindang serta memiliki beberapa goa wallet. Untuk daerah semarang kota sendiri, wisata seperti ini terbilang jarang sehinga mampu menarik perhatian wisatawan terutama wisatawan lokal. Untuk dapat melihat pemandangan indah yang disajikan air terjun tersebut, pengunjung harus melewati 900 buah anak tangga terlebih dahulu. Wisata air terjun ini dibuka setiap hari untuk umum. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 2000,- per orang dan biaya parkir Rp 1000,- per unit motor. 

5. Pagodha Buddhagaya Watugong


Pagodha ini diresmikan pada tahun 2006 lalu dan dinyatakan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Vihara ini terletak tidak jauh dari pusat kota Semarang, yaitu hanya 45 ment dari pusat kota menuju daerah Banyumanik, terletak disebelah kiri jalan. Untuk menikmati kemegahan bangunan ini pengunjung hanya dibebani dengan biaya parkir sebesar Rp 2000,- per orang.

6. Curug Lawe dan Curug Benowo, wisata air terjun di leren gunung Ungaran



Curug Lawe dan Curuh Benowo terletak masih disekitar lereng gunung Ungaran, tepatnya di tengah-tengah curug lawe ungaran jawa tengahperkebunan cengkeh, dilereng pegunungan dan di dalam hutan yang masih terjaga keasliannya. Kedua curug ini merupakan hulu dari kali banjir kanal timur atau Kali Garang Di Semarang. Jalan menuju kedua curug ini terbilang terjal dan memerlukan sedikit perjuangan. Pengunjung harus berjalan kaki setelah memarkir motor dititik parkir. Hanya perlu merogoh uang sebanyak Rp 2000,- per orang untuk masuk ke lokasi wisata curug lawe dan curug benoowo ini.

Sekian ulasan singkat dari saya, terimakasih dan sampai jumpa dengan ulasan saya selnjutnya (tentunya masih tentang tempat-tempat wisata).