Alternatif Wisata Pacitan Selain Pantai

Mau puas-puasin main di Pacitan, tapi gatau harus kemana aja. Atau bosen ke pantai mulu.
Oke disini aku mau berbagi tips aja nih. Ketika ke Pacitan mungkin kalian bakal menemukan banyak banget pantai, tapi disini saya mau memberikan beberapa alternatif tempat wisata selain pantai.


Grojogan Sendang Dhuwur


Grojogan ini terletak di Dusun Barong Kulon, Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Grojogan dalam bahasa Indonesia disebut air terjun. Dalam air terjun ini mengalir tiga aliran air terjun utama. Jika ingin menuju ke obyek wisata yang masih natural ini, Anda bisa mengikuti petunjuk arah di depan balai desa belok kanan sampai ketemu pertigaan belok kiri. Dari sini ikuti jalan  hingga sampai di area persawahan. Dari sini perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki mengikuti jalan setapak mengikuti arus sungai sekitar 1 km.


Pacitan Indah

ig@hendra_irmawan

Pacitan Indah merupakan hutan dimana kita dapat melihat pemandangan Pacitan dari atas. Tempat ini terletak Desa Dadapan, pinggir jalan raya Pringkuku- Pacitan (jalur bis). Dari kota Pacitan sekitar 30 menit menuju ke tempat. Saat ini terdapat ayunan untuk dapat melihat pemandangan alam Pacitan dari atas. Instagramable banget deh. hehe


Jurug Gringsing 

Jurug Gringsing merupakan air terjun yang terletak di wilayah Pacitan bagian utara, berada di kawasan pegunungan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo. Kawasan ini masih alami. Untuk akses jalan meuju kesana, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang 1,5 km dari jalan di Desa Ploso, disebabkan karena belum ada akses jalan yang memadai menuju ke lokasi air terjun.


Pinus Kita Gemaharjo Tegalombo


Disinilah juga merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan pemandangan alam Pacitan dari atas. Tempat ini bernama Pinus Kita. Untuk menikmati keindahan pemandangan alam terdapat gardu pandang dimana tempat ini dibuat diatas pohon pinus yang cukup tuan dan besar namun sehingga batangnya sangat aman dan kokoh untuk dinaiki. Untuk menuju gardu pandang kita perlu menaiki tangga setinggi 7 meter. Karena tempat wisata ini masih dikembangkan sehingga masih sangat terjangkau. Untuk tiket masuk hanya membayar 2000 rupiah dan akan dikenakan 2000 rupiah lagi jika ingin berfoto- foto. Tempat ini salah satu wisata Pacitan yang direkomendasikan untuk dikunjungi.


Telaga Sono, Kalikuning, Tulakan, Pacitan   
   

Telaga Sono ini terletak di desa Kalikuning, Tulakan, Pacitan. Telaga ini disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang alami, serta udara yang begitu sejuk. Daerah ini masih dikembangkan sebagai tempat wisata. Untuk rutenya dari arah Pacitan menuju tulakan via jalan Pacitan-Lorok. Akses jalan menuju kesana sudah diaspal namun sudah rusak.