Tuesday, March 28, 2017

“Camoi Aek Biru” Surga dibalik Exploitasi Tambang di Pulau Tua Nan Indah (Bangka)

No comments :

Warga Indonesia siapa sih, yang tidak tahu pulau penghasil timah terbesar di Indonesia? Yah,, siapa lagi kalau bukan Kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung ini tentunya memiliki banyak sekali bekas galian tambang yang sudah tidak terurus. Namun, yang kita ketahui saat ini Pulau Bangka juga dikenal sebagai destinasi wisata nasional favorit.

Salah satu destinasi wisata di kepulauan Bangka yang menawarkan sejuta panorama biru yang indah bak lukisan ini yaitu “ Danau Biru/Camoi Aek Biru “. Danau cantik nan mengagumkan yang tercipta dari bekas galian tambang Timah dan Kaolin ini sekarang menjadi viral diberbagai media sosial karena Danau yang mirip dengan Islandia. Danau biru menawan ini hingga menjadi wisata terhits di pulau Bangka tersebut.

Berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada sebuah danau indah bernama Camoi Aek Biru. Nama lokasi wisata ini berasal dari masyarakat Bangka sendiri. Masyarakat Bangka sendiri menyebutnya dengan sebutan “Camoik” yang mengandung arti yaitu untuk kolong atau bekas galian tambang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan menurut masyarakat Bangka kata “aek” tersebut merupakan bahasa asli Melayu Bangka yang berarti air. Kata biru tersebut menunjukkan pada warna air danau bekas galian tambang. 


Lokasi Camoi Aek Biru ini berjarak kurang lebih 50 Km dari kota Pangkal Pinang yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam. Namun, kendati wisata ini telah menjadi populer, akses untuk menuju tempat ini, anda harus menggunakan kendaraan pribadi mengingat belum ada saran angkutan umum yang melintasi lokasi ini. Biasanya, setiap akhir pekan Camoik Aek Biru ramai dikunjungi wisatawan lokal dari Pulau Bangka maupun wisatawan luar Pulau Bangka.

Danau ini sangat fenomenal karena akan keindahannya yang patut dijadikan lis dalam jajaran tempat wisata Indonesia terindah. Danau itu layaknya seperti danau biru yang tidak membeku diantara dari salju yang putih merupakan suatu pemandangan yang sangat menakjubkan untuk dipandang. Dengan melihat aktivitas yang dilakukan oleh warga setempat sendiri menyisakan bekas pertambangan galian yang mempersoalan hingga tak berujung. Salah satunya dampak dari aktivitas tersebut adalah banyaknya lubang bekas galian yang bertebaran yang menyerupai danau-danau kecil, dan lubang-lubang ini bisa ditemukan di hampir setiap sudut Pulau Bangka. Hanya saja, sebagian dari kolong-kolong itu menyajikan pemandangan yang menarik dan menawan. 


Adanya fenomena tersebut perlunya kita sebagai masyarakat Indonesia harus selalu menjaga kelestarian alam yang sangatlah penting ini. Walaupun sisa tambang tersebut menyisakan sesuatu yang indah, namun akan lebih baik jika diringi dengan rehabilitasi lahan guna menjaga kelestarian alam serta kualitas udara.

Nah,, bagi kalian nih yang sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata di Indonesia, Danau Biru/Camoi Aek Biru yang dibilang mirip Islandia ini bisa dijadikan destinasi yang cocok buat liburan kalian menjadi menyenangkan. Karena tempat ini menawarkan panorama perairan biru yang dikelilingi gundukan pasir putih bekas ekploitasi tambang yang telah mengeras, sekilas menyerupai salju. Pokoknya tempat ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata, khususnya kalian yang sudah penat dengan hiruk pikuk ibu kota.

 

No comments :

Post a Comment