Monday, March 27, 2017

Goa Barat Lorong Surganya Kebumen dengan 100 Air Terjun

No comments :
Goa Barat Kebumen

Hallo selamat malam semuaaa, kali ini saya bakal ceritain gambar diatas!

Yaaa Goa Barat, Goa Barat ini terletak di desa Jaijajar, kecamatan Ayah kabupaten Kebumen. Goa ini berada di sebelah timur Goa Jatijajar, Goa ini juga terkenal dengan goa 100 air terjun.
Menurut warga sekitar nama Goa Barat berasal dari bahasa jawa yang berarti Goa angin. Dan menurut sang juru kunci kenapa diberi nama Goa barat karena dari dalam goa selalu menghembuskan angin ke luar mulut goa. Angin kencang ini dalam bahasa Jawa disebut angin barat. Saat musim tertentu, angin barat sangat kencang sehingga menimbulkan suara berisik bahkan membuat pohon bambu di depan mulut goa bergerak tiada henti.
Untuk retribusi masuknya sebesar 50.000/orang. Eits tenang itu udah sekalian sama pelampung, helm, dan sepatu khusus caving guys. Kalau senteer bawa sendiri yaaaa, eits jangan lupa juga bawa bekal makanan lohhh...
Goa Barat ini 99% treknya air lohh, dengan kedalaman 0,5-10 meter guyss. Nah kemarin waktu aku kesini total pejalanan menelusuri goa mencapai 6 jam. Ketika masuk mulut goa kita bakal berjalan menuruni tangga sekitar 300 m, nah abis itu kita bakal menelusuri melewati sungai bawah tanah yang jelas airnya seger banget..
Nah di goa Barat ini kalian bisa liat air terjun yang tingginya sekitar 32 meter guyyss! Keren kan? Namanya air terjun “Superman’s Big Sister” akan tetapi untuk mencapai air terjun ini membutuhkan waktu kira-kira 3-4 jam dengan jalur yang lumayan susah dan menantang. Tetapi kalo udah sampe sini, semua keluh kesah kalian akan terbayar guys dengan pemandangan yang sangat luar biasa! Dibawah air terjun ini ada kolam kecil yang bisa buat lompat-lompatan apalagi airnya segeeerr banget!
Diperjalanan kalian bisa menikmati indahnya bebatuan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif, banyak bebatuan berbagai macam bentuk, ada bebatuan yang berbentuk tirai, batu jenggot, batu buaya, batu kristal dll. Ditempat-tempat yang sekiranya luas kalian bakal menjumpai banyak kelelawar.
Di salah satu bagian di dalam goa ini ada bagaian yang dinamakan sawahan yaitu berupa tanah yang terbentuk secara alamiah menjadi petak – petak seperti layaknya sawah pada umumnya. Sungguh betapa indahnya ciptaan Sang Maha Kuasa.
Di Goa Barat ini juga terdapat lorong-lorong lain yang memiliki karakteristik khas. Misalnya, lorong Batu Makam yaitu bebatuan yang mirip nisan dan sering digunakan warga sebagai tempat untuk mujahadah. Dan ada juga lorong Kratonan yang menawarkan hiasan lantai dan langit-langitnya yang dipenuhi bebatuan kristal memutih yang bisa berkelipan saat ditemarami cahaya redup. Sangat indah sekali bukan!
Sebenarnya panjang goa yang sudah pernah di telusuri oleh orang perancis itu sekitar 375 km. Kaget kan saya juga kaget banget nih... tapi kata bapak pemandu panjang goa yang sudah di petakan itu sekitar 87 km.
Nah buat kalian yang penasaran dengan ai terjunnya mending langsung aja kesini yaaa. Let’s Go!

No comments :

Post a Comment