Sunday, March 26, 2017

Surga Beach-Hopper: Pesona Gunung Kidul Yogyakarta dengan Eksotika Pantai Tersebunyi

No comments :
Yogyakarta provinsi dengan pesisir pantai selatan yang menawarkan banyak bentang alam nan indah dan dramatis. Kali ini kita akan membahas bentang alam yang terletak di salah satu daerah Yogyakarta yang tak asing lagi di dengar oleh kaum traveller yaitu Kabupaten Gunung Kidul yang terdapat lebih dari 60 buah pantai! Maka tak salah bila dijuluki Yogyakarta sebagai surganya para beach-hopper. Jika Anda tak memiliki kendaraan sendiri tak per khawatir anda dapat menyewa kendaraan untuk mengakses ke daerah eksotis tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju pantai Anda akan disuguhkan pemandangan pedesaan tradisional yang eksotis, perbukitan, hingga melintasi hutan nan asri dan udara sejuk yang belum tercemar polusi. Dengan banyaknya pantai indah yang bisa dikunjungi, Anda mungkin tidak akan punya cukup waktu untuk menghabiskan malam di salah satunya. Jangan buang waktu dengan bepergian ke pantai yang disesaki oleh wisatawan. Untuk membantu Anda, kami telah membuat daftar pantai-pantai terbaik di Gunung Kidul yang layak untuk Anda kunjungi.


Kolam Alami: Pantai Wedi Ombo

Anda ingin berendam di laut tapi takut tersapu ombak? Pantai Wedi Ombo adalah jawaban yang tepat. Di Sana Anda dapat bersantai di dalam air laut dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam.

Wisata Pantai Yogya

Dikelilingi oleh gugusan karang yang berbaris rapi, sekilas laguna alami di Pantai Wedi Ombo tampak seperti sengaja dibuat oleh manusia.

 Wisata Pantai Yogya

Meski terlihat aman, namun Anda harus waspada karena ombak tinggi tetap dapat mencapai Dravidian alami tersebut dan menyeret Anda ke laut atau membuat Anda terhempas ke karang.

 Wisata Pantai Yogya

Pantai Wedi Ombo
Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta
Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Cara ke Sana:  Jika membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menyusuri Pantai Siung, Tepus lalu belok kanan sampai Girisubo. Jika memilih kendaraan umum, dari Terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Setibanya di Wonosari, lanjutkan perjalanan dengan bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian Anda turun di pertigaan Jepitu. Satu-satunya cara untuk sampai ke Pantai Wedi Ombo dari pertigaan tersebut adalah dengan menggunakan ojek.


Surga Tersembunyi di antara Dua Tebing: Pantai Wohkudu
Pantai yang terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Pantai Wohkudu memiliki pesona dan keindahan alam berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Lokasi tersembunyi yang menjadikan pantai ini sangat cocok bagi Anda jika ingin mencari ketenangan.

 Wisata Pantai Yogya

Entah karena lokasinya yang sulit dicapai atau minimnya informasi tentang pantai ini yang menyebabkan sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Ya, pantai ini memang khusus bagi traveller penyuka tantangan. Jalan berliku serta medan yang cukup berat begitu memasuki Kecamatan Panggang (hanya pepohonan di kanan kiri jalan) membuat Anda butuh usaha ekstra untuk melaluinya.

Semakin lama rute yang ditempuh pun menjadi semakin sempit, sehingga mau tak mau Anda harus memarkirkan kendaraan dan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak melewati ladang pertanian warga.

 Wisata Pantai Yogya

Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui tak jarang penuh dengan semak belukar sehingga Anda harus berhati-hati. Namun semuanya akan terbayar saat Anda melihat panorama laut, pasir putih dan tebing-tebing berdiri kokoh diantara bibir pantai.

 Wisata Pantai Yogya

Selain indah dilihat, celah karang yang berada di pantai ini memberikan perlindungan tersendiri bagi para traveller yang berkunjung. Panjang bibir Pantai Wohkudu cukup sempit, luasnya kurang dari 100 meter dengan sebagian tertutup batu karang.

Pantai Wohkudu
Lokasi: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta
Cara ke Sana: Untuk menempuh tempat ini kita memerlukan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta dengan rute perjalanan Yogyakarta-Imogiri-Panggang. Sebelum mencapai Pantai Kesirat, belok ke kiri. Informasi mengenai Pantai Wohkudu sangat terbatas, jadi Anda harus rajin-rajin bertanya kepada penduduk sekitar.


Wisata Menantang Adrenalin: Pantai Timang
Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak wisata pantai yang menyuguhkan berbagai keindahan di dalamnya, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak di selatan daerah Wonosari. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan dan pasti akan memanjakan traveller yang berkunjung.

 Wisata Pantai Yogya

Bukan itu saja, jika Anda penyuka tantangan yang memacu adrenalin, maka Anda harus mencoba hal yang satu ini:

 Wisata Pantai Yogya

Pengunjung dapat mencoba menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’ sederhana yang terbuat dari kayu dengan kontruksi yang sederhana. Dan bukannya, meluncur di kabel berbahan baja, yang menjadi penahan ‘kereta gantung’ ini adalah tali tambang biasa!

Pada awalnya, fungsi ‘kereta gantung’ ini digunakan nelayan lokal sebagai alat transportasi untuk membawa lobster hasil tangkapan.

Pantai Timang
Lokasi: Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta 5581
Cara ke Sana: Dari Wonosari, arahkan tujuan ke selatan menuju Pantai Baron. Di pertigaan Mulo ambil arah menuju Pantai Siung lalu lewati Pasar Dakbong hingga melalui jalanan berbatu. 
Tarif Kereta Gantung: Rp200.000,-


Air Terjung di Bibir Pantai: Pantai Jogan
Tersembunyi di balik perbukitan kapur yang berada di kawasan geopark Gunung Sewu terdapat pemandangan yang langka di Indonesia, yaitu air terjun yang langsung bermuara di tebing ke bibir laut.

 Wisata Pantai Yogya

Pantai Jogan yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Berjarak sekitar dua jam perjalanan Dari Kota Yogyakarta, Pantai Jogan kerap terlewatkan oleh para traveller karena harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter dari Pantai Siung yang jauh lebih terkenal.

 Wisata Pantai Yogya

Pastinya tempat ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan sedikit privasi dengan tempat wisata pantai yang tidak ramai dikunjungi wisatawan.

Air terjun yang jatuh langsung ke laut bukanlah satu-satunya pemandangan menakjubkan yang aka disuguhkan disini di sini.

Pengunjung yang cukup bernyali dapat menikmati guyuran air terjun tersebut dari bawah tebing secara langsung dengan cara canyoning atau rappelling. Tentu diperlukan peralatan yang memadai dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya, karena meski telah tersedia kayu-kayu untuk pegangan, bebatuan yang dilalui cukup curam dan licin.

 Wisata Pantai Yogya

Dan bukan itu saja tantangan yang harus dilalui, Anda masih akan berhadapan dengan ribuan kepiting kecil  yang mendiami celah karang yang tak segan untuk mencapit kaki Anda! 

Bagaimana, tertantang untuk mencobanya?

Pantai Jogan
Lokasi: Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta
Cara ke Sana: Dari Kota Yogyakarta ke arah timur menuju Wonosari. Lalu ambil jalan ke selatan menuju Jalan Kasatrian hingga Pantai Siung. Setibanya di Pos Retribusi Pantai Siung, artinya Pantai Jogan sudah dekat, karena sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Pantai Jogan.


Rasakan Snorkeling di Akuarium Raksasa: Pantai
Hampir semua pantai di Yogyakarta berada pesisir selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang tak luput dari ombak yang sangat besar, sehingga membatasi pengunjung untuk melakukan aktivitas berenang dan snorkeling diving di area pantai daerah Yogyakarta.

Tapi tidak berlaku untuk Pantai Nglambor. Berkat adanya pulau-pulau karang berbentuk menyerupai dua ekor kura-kura, terjangan ombak besar pun dapat dipecahkan sehingga perairan di tepi pantai ini cenderung lebih tenang dan dangkal. Bahkan terumbu karang pun dapat tumbuh subur dengan indah dan menjadi rumah bagi berbagai ikan cantik beraneka warna.


Tersembunyi di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan, pantai ini tidak memiliki akses jalan langsung. Pengunjung yang membawa kendaraan harus memarkirkan kendaraannya terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter.

 Wisata Pantai Yogya

Justru aksesnya yang sulit dijangkau tersebut menjadikan suasana di pantai ini terasa begitu privat dan eksklusif.

 Wisata Pantai Yogya

Air laut rule terbilang jernih membuat Anda bisa melihat langsung bintang laut, ikan-ikan kecil dan penghuni laut lainnya layaknya berada di permukaan sebuah akuarium raksasa. Namun kalau ingin menyaksikan lebih dekat lagi, di sini juga terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling.

 Wisata Pantai Yogya

Pantai Nglambor
Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta
Telepon: 0821 3469 2388/0878 396 3924
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Tarif Snorkeling: Paket Rp50.000,- sudah termasuk sewa masker, snorkel, sepatu karet, life jacket, guide, foto underwater, welcome drink, dan penitipan barang.
Cara ke Sana: Dari Kota Yogyakarta Anda mengarah ke timur menuju Wonosari, lalu belok ke selatan melewati Jalan Kasatrian menuju Pantai Siung. Kurang lebih 2 kilometer setelah pos retribusi Pantai Siung, belok kanan dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.



No comments :

Post a Comment