Surga Tersembunyi di Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Siung – Pantai Siung merupakan salah satu pantai yang terdapat di Gunungkidul Yogyakarta. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak 80 km dari pusat kota yogya atau 2-3 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi. Karna akses yang cukup jauh, pantai ini belum ramai dikunjungi oleh wisatawan. Serta akses jalan menuju lokasi yang lumayan menantang, jalan yang cukup sempit dan tikungan tajam. Namun semua itu terbayarkan oleh keindahan yang disuguhkan pantai siung.

Menurut cerita warga setempat nama Siung diambil dari batuan karang yang mengelilingi pantai tersebut mirip dengan gigi taring monyet ( siung, dalam bahasa jawa). Untuk harga tiket pantai siung yaitu sebesar Rp 5.000, dengan 5.000 tersebut anda juga bisa berkunjung ke dua pantai yang berdekatan dengan pantai siung yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Jogan.
Para wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan alam yang dimiliki Pantai Siung. Pasir putih serta air pantai biru bersih ditambah dengan ombak yang berkejar kejaran membuat suasana hati menjadi tenang, tidak hanya itu wisatawan dapat melihat pemandangan batuan karang yang menjulang tinggi dan kokoh di keliling pantai. 

Jika anda menyukai olahraga ektream, di pantai ini juga terdapat panjat tebing karang, ada sekitar 250 spot panjat tebing karang dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 

Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Bukit tersebut adalah bukit pangilon yang terdapat di sisi Pantai Siung, untuk mencapai bukit tersebut anda bisa berjalan kaki melewati anak tangga menuju bukit, untuk ke Bukit Pangilon anda dikenakan biaya tambahan yaitu sebesar Rp 2.000 untuk biaya kebersihan. Untuk anda yang suka berkemah, bisa berkemah di atas Bukit Pangilon dengan biaya administrasi sebesar Rp 20.000.
Untuk anda yang masih bingung memilih tempat liburan, Pantai Siung bisa jadikan pilihan. 
Ayoo Liburan