Monday, March 27, 2017

TEMPAT WISATA DI BANDUNG

No comments :
INDAHNYA KAWAH PUTIH CIWIDEY DI BANDUNG


       Kawah putih merupakan tempat yang cocok untuk berlibur di bandung yang sangat populer. yang berada di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 km ke arah selatan Kota Bandung, kawah putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan gunung patuha. sesuai dengan namanya, tanah yang berada di sekitar ini berwarna putih akibat adanya pencampuran unsur belerang. selain tanah yang berada di sekitar ini berwarna putih, air danau yang berada disekitar kawah putih juga memiliki warna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, begitupun suhu dan cuaca.
      Kawah Putih Ciwidey berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian lebih dari 2.400 meter diatas permukaan laut. dengan ketinggian itu, suhu udara di daerah Kawah Putih tentu saja sangat dingin dengan suhu 8 derajat Celcius dengan 22 derajat Celcius, maka dari itu jangan sampai lupa membawa jaket atau menggunakan yang tebal.
    Selain untuk dinikmati dan dilihat keindahannya oleh para pengunjung,Kawah Putih Ciwidey juga seringkali digunakan untuk tempat kegitatan lain, seperti pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, dan juga kegiata mendaki dan berkuda. Cerita tentang Kawah Putih berawal dari abad ke 10 dimana telah terjadi letusan yang sangat hebat dari Gunung Patuha. setelah letusan itu, banyak warga yang berpendapat bahwa tempat itu merupakan daerah angker karena setiap burung yang terbang melintasi daerah tersebut akan mati. 
    Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan tentang angkernya daerah itu mulai hilang, sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli botani dengan kebangsaan Jerman hadir di daerah tersebut untuk melakukan sebuah penelitian. Peneliti yang mempunyai nama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn itu sangat tertarik dengan daerah sunyi yang bahkan tidak ada seekor burung yang terbang diatasnya sehingga beliau mengelilingi desa untuk mendapatkan informasi. pada kala itu, semua informasi yang beliau dapatkan merupakan bahwa daerah itu angker dan ditempati oleh makhluk halus.
       Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pemaparan dari warga setempat itu tidaklah masuk akal. karena tidak percaya dengan cerita atau pendapat warga setempat itu, beliau mengunjungi hutan rimba untuk mencari tahu apa yang ada disana. singkat cerita, akhirnya beliau mampu mencapai puncak gunung, dan dari sana beliau melihat keberadaan danau yang indah berwarna putih dengan bau unsur belerang yang sangat menyengat. 
        Sejak saat itu, keberadaan Kawah Putih Ciwidey menjadi paling populer dan mulai dari tahun 1987 pemerintah mengembangkan daerah ini untuk tempat berlibur yang menawarkan pengalaman menarik melihat danau yang berubah warna. karena sudah dikembangkan untuk tempat berlibur atau wisata, Kawah Putih memiliki fasilitas yang memadai untuk pengunjung yaitu :
1. Tempat parkir yang megah
2. Musholah
3. Tranfortasi dari gerbang depan sampai dengan kawah pusat informasi
4. Toilet
5. Restoran dan warung makan.

No comments :

Post a Comment