Sunday, March 26, 2017

Umbul Ponggok, Snorkeling Asik, Wisata Menarik

1 comment :
umbul_ponggok_klaten
Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Klaten tanpa berwisata ke umbul ponggok. Nama umbul ponggok di ambil dari bahasa jawa, umbul artinya sumber mata air sedangkan ponggok adalah nama desa di Polanharjo dimana umbul terletak. Umbul ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Umbul ponggok ini adalah air tawar yang berasal dari mata air dari proses alam. Debit air yang sangat besar di daerah Ponggok di jadikan tempat wisata hiburan dan olahraga yang berupa kolam pemandian yang terawat oleh masyarakat dan terbuka untuk umum. Maka tak sulit umbul ponggok untuk menarik para wisatawan lokal, regional maupun internasional untuk berwisata di umbul ponggok. 

umbul_ponggok_klaten
Umbul ponggok memiliki kolam yang luas dan kualitas airnya yang sangat terjamin karena mata air asli dari proses alam. Umbul ponggok di lengkapi dengan serambi tempat duduk di sekeliling kolam. Airnya yang sangat jernih membuat berbagai ikan terlihat di permukaan kolam. Di tengah umbul ponggok terdapat mata air yang menyemburkan air bersih, jika menyelam maka akan terlihat semburan air tersebut. Wisata umbul ponggok salah satu tempat di Klaten yang bisa digunakan untuk snorkeling karena panorama bawah air yang indah dan mengagumkan. Selain digunakan sebagai tempat snorkeling ternyata tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan diving bagi para penyelam pemula.  Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk ke pantai atau ke laut untuk dapat menikmati keindahan bawah air dengan snorkeling.

umbul_ponggok_klatenDengan peralatan snorkeling yang di sediakan di lokasi umbul ponggok, kita dapat bermain di dalam kolam air tawar dengan puas dan bermain dengan berbagai macam ikan yang sangat cantik. Bagi yang ingin selfie atau melakukan pemotretan di bawah air bukan hal yang mustahil, di lokasi umbul ponggok menyediakan sarung kamera atau handphone untuk melindungi kamera dan handphone dari air. Selain itu juga di sediakan pesewaan kamera bawah air serta fotografer sehingga hasil pemotretan bisa lebih jelas. Hal tersebut bisa digunakan untuk mendokumentasikan momen-monen yang bersejarah dan menyenangkan.

umbul_ponggok_klatenUmbul ponggok semakin menarik karena di sekitar kolam sudah di lengkapi dengan berbagai macam tempat makan dan tempat untuk ganti baju. Biaya yang di keluarkan untuk berwisata di umbul ponggok relatif murah. Hanya dengan biaya Rp 15.000 kita bisa menikmati wisata di umbul ponggok. Untuk menyewa peralatan snorkeling biaya yang di keluarkan juga relatif murah. Jam operasional atau jam buka umbul ponggok di buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB, untuk yang ingin melakukan pemotretan disarankan datang pada pukul 07.00-09.00 WIB atau 14.00-16.00 WIB karena di jam tersebut hasil pemotreatan akan lebih jernih dan bagus. Banyak wisatawan yang  mengabadikan momen indah itu dengan berfoto.  Keindahan alam yang mempesona itu menjadi incaran para Fotografer. Kawasan yang indah, bersih dan eksotis membuat Umbul Ponggok menjadi salah satu obyek wisata idola para wisatawan yang suka dengan obyek wisata alam yang asri.


1 comment :