Wisata Instagramable di Kota Agrocity of Java

1. Pantai Gebyuran
Pesona Indonesia


Kebumen memiliki deretan pantai yang indah nan mempesona, salah satunya adalah Pantai Gebyuran yang terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Pantai Gebyuran ini memiliki pasir pantai berwarna hitam kecoklatan, ombak pantainya pun tergolong ramah ini karena banyak karang yang meredakan keganasan ombak pantai selatan. Uniknya, di Pantai ini juga memiliki sebuah goa. Pantai Gebyuran sebagai pantai yang menghadap ke barat, pantai ini memiliki panorama senja yang indah. Disisi selatan pantai terlihat karang-karang dan tebing Tanjung Karang Penganten riuh beradu dengan ombak pantai selatan. Pemandangan di atas Pantai juga tak kalah mempesona. Kita akan disuguhi tebing-tebing pesisir selatan mulai dari Pantai Surumanis, Pecaron hingga Tanjung Karangbata yang tak kalah mempesona, kita juga disuguhi bukit-bukitnya yang tersohor seperti Bukit Silayur. Sungguh Pemandangan yang sangat menakjubkan.

2. Pantai Manganti

Pesona Indonesia

Pantai Manganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk menuju ke Pantai ini terdapat dua jalur. Pertama dari Gombong, ambil arah puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dan lurus menuju Pantai Manganti. Rute ini cukup menantang karena melewati tikungan tajam dan tanjakan yang curam. Jalur ini berjarak sekitar 38 Kilometer.
Jalur kedua jaraknya lebih jauh, yaitu sekitar 45 Kilometer dengan waktu tempuh selama 1,5 jam. Yaitu dari Gombong, ambil arah barat ke pantai Legonding lalu pilih jalur ke arah pantai Manganti. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih berpadu birunya air laut dan bukit-bukit hijau dan tebing alam yang tinggi yang menyambut kedatangan kita di pantai ini.
Pemandangan lebih indah bisa kita lihat ketika kita mendaki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit tersebut terdapat mercu suar buatan Belanda tahun 1912-1915 setinggi 20 meter yang bisa dinaiki sampai puncaknya.

3. Pantai Bopong

Pesona Indonesia

Pantai Bopong merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Pantai ini menawarkan pemandangan laut dengan pohon cemara yang rindang nan asri. Pantai ini memiliki laguna yang tak banyak orang mengetahuinya. Pantai ini juga terkenal dengan ombak ganasnya sesuai ciri khas pantai selatan. Tak perlu susah payah jika ingin menuju ke pantai ini, dari kota Kebumen ambil jalan menuju Jl. Ronggowarsito kemudian menuju Jl. Raya Petanahan kemudian lanjut ke arah Klirong. Kemudian setelah melewati Klirong akan masuk Kecamatan Petanahan dan bertemu Jl. Deandles di pertigaan Kligensari. Ambilah jalur kanan, kemudian lurus sampai bertemu pertigaan Munggu, lurus hingga masuk ke Kecamatan Puring dan Desa Surorejan. Tiket masuknya tergolong murah, hanya Rp. 2.000 untuk kedaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.