5 Pulau di Jakarta yang Memukau

Jakarta terkenal dengan suasana kota yang berpolusi tinggi dan segala jenis kepadatannya, karena hal itulah mungkin banyak warga Jakarta yang berbondong-bondong meninggalkan Jakarta saat liburan tiba. Banyak warga Jakarta yang tidk mengetahui ada banyak pulau di Jakarta yang akan memanjakan mata mereka dengan keindahan alamnya. Jakarta memiliki kepulauan seribu yang memilki keindahan alam yang luar biasa. Kepulauan Seribu atau Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu,kawasan ini memiliki luas sekitar 108.000 ha. Kepulauan Seribu merupakan kawasan wisata dan konservasi
Berikut adalah 5 pulau di kawasan Kepulauan Seribu yang bisa kamu kunjungi :

1. Pulau Tidung



Pulau Tidung adalah tempat terkenal di kawasan Kepulauan Seribu. Tempat ini menjadi idola karena pesona lautnya yang biru. Pulau ini terdiri atas dua bagian yaitu  Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang disebut dengan sebutan jembatan cinta. Pulau Tidung merupakan sebuah nama kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke.


2. Pulau Semak Daun

Pecinta kehidupan bawah laut dan yang suka dengan  keheningan wajib datang ke pulau ini. Pulau Semak Daun adalah tempat favorite yang menjadi tujuan utama para pemburu pantai pasir putih di kawasan Kepuluan Seribu. Pulau Semak Daun adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang cocok untuk mereka yang ingin kabur sejenak dari penatnya Jakarta. Mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini akan membuatmu menemukan suasana baru. Disini kamu bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut dengan ber-snorkeling atau diving. Namun, pulau ini tidak ada penginapan. Jadi, jika ingin bermalam di pulau ini harus membaw tenda sendiir.


3. Pulau Bira

Untuk bisa sampai ke Pulau Bira terlebih dulu harus transit di pulau Pramuka setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke. Memanglah membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke pulau ini. Tapi, apa yang akan kamu dapatkan akan sebanding. Di pulau Bira kamu bisa melihat indahnya bawah laut dengan diving maupun snorkeling. Suasana alami benar-benar terasa di pulau ini. Kamu dapat menikmati suasana dengan duduk-duduk manis di dermaga sambil menikmati sunset di pulau ini juga jadi aktivitas menarik. Di pulau Bira ini terdapat beberapa rumah kayu bergaya vintage yang bisa kamu gunakan untuk bermalam.


 4. Pulau Bidadari

Lokasi pulau Bidadari ini tidak terlalu jauh dari daratan Jakarta, hanya sekitr 15 km. Dari sini kita bisa mengintip gedung-gedung Jakarta yang terlihat seperti miniatur kota. Kawasan pulau Bidadari ini mimiliki catatan sejrah yaitu adanya benteng pertahanan yang berdiri kokoh. Di sekitar pulau Bidadaritumbuh hutan mangrov. Menurut masyarakat tempat dulunya pulau ini sering dijadikan tempat liburan Pengeran Jayakarta dan para penghuni kerajaan. Sehingga pulau ini dinamakan pulau Bidadari.


5. Pulau Ayer


Pulau ini memiliki julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Letak pulau ini hanya berjarak sekitar 14 km dari Marina Ancol. Daya tarik utama dari pulau Ayer ini adalah keberadaan cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat tradisonal. Berlibur di pulau ini kita serasa berada di Raja Ampat, Papua yang sangat keren itu. Pulau Ayer mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Proklamator kita, Bung Karno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di pulau ini juga dapat ditemui binatang biawak yang hidup secara bebas