Sunday, April 2, 2017

ALTERNATIF LIBURAN “PANTAI DANGKAL” PACITAN

No comments :

ALTERNATIF LIBURAN “PANTAI DANGKAL” PACITAN

Pacitan merupakan penyumbang pantai terbanyak di Jawa Timur. Banyak sekali pantai yang indah dan sulit dilupakan, salah satunya adalah Pantai Dangkal. Pantai Dangkal merupakan pantai yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Pacitan. Lokasinya berada di Desa Worawari Kebonagung Pacitan. Masuk dari Jalur Lintas Selatan (JLS) ke wisata Pantai Dangkal kurang lebih sekitar 1,5 KM . Untuk masuk kearea pantai harus berhati-hati karena medannya cukup sulit karena jalan yang saat ini sudah dirabat sedikit mengalami kerusakan. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa masuk kearea pantai.


Pantai Dangkal cenderung sepi, ramainya pantai ini hanya pada hari-hari tertentu misalnya ketika ada “ Eret Jaring”. Eret jaring yaitu kegiatan menjaring ikan yang dilakukan oleh masyarakat setempat biasanya di pagi, siang dan sore hari. Eret Jaring dilakukan dengan cara jaring disebarkan ditengah pantai kemudian ditarik dari tepi pantai secara bergotong royong dan hasilnya dibagikan secara merata. Yaaa,,,,,kegiatan eret inilah yang menjadi keunikan di Pantai Dangkal.  Pantai Dangkal juga biasanya banyak dikunjungi orang yang memancing karena memang dipantai ini banyak sekali ikan yang dimanfaatkan warga nelayan setempat. Sehingga wisatawan bisa melihat kegiatan eret jaring dan memancing tersebut.

Hal yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika ke pantai yaitu bermain pasir, dan air. Begitu selesai bermain air dan pasir dibadan pasti merasakan lengket dan asin. Sehingga akan terasa menyegarkan jika langsung dibilas dengan air tawar. Nah,,, inilah yang membedakan dari pantai yang lain,. Pantai dangkal ketika selesai bermain di pantai maka langsung bisa di bilas di air tawar yang berada disebelah pantai. Saat Anda berkunjung ke Pantai Dangkal dari arah parkiran cobalah untuk menyusuri kearah timur sampai ujung yang dibatasi oleh tebing yang sangat tinggi. Disitulah Anda akan menemukan air tawar namun harus selalu berhati-hati jangan sampai ke tengah danau.



Ketika ingin bermain airpun disarankan untuk menunggu ombak  surut. Rekomendasi untuk mengunjungi pantai ini dipagi hari sampai siang hari karena terlindungi oleh bayangan tebing yang sangat tinggi, karena suasana yang teduh, yang disambut barisan pohon kelapa, dan pandan. Maka dijamin terasa nyaman ketika mengunjungi tempat ini bersama keluarga. Ketika siang sampai sore hari mengunjungi tempat ini maka tidak usah khawatir karena banyak tempat berteduh yang nyaman. Ketika menuju kepantai ini pasti juga akan menjumpai sawah warga yang mendapat keindah tersendiri namun harus tetap berhati-hati.

No comments :

Post a Comment