DANAU KAKABAN : Ungguli Keindahan Raja Ampat



DANAU KAKABAN 



Tempat wisata Indonesia yang mendunia


Danau Kakaban – Danau yang terletak di Kepulauan Derawan, di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini adalah danau yang luar biasa unik di Indonesia, Kenapa bisa dikatakan unik ? karena Danau Kakaban ini memiliki air payau yang lengkap dengan ubur-ubur langka yang tidak menyengat. Di dunia hanya ada dua yang memiliki ubur-ubur langka tersebut, satu lagi berada di Palau, sebuah negara yang secara geografis menjadi bagian di Kepulauan Micronesia di  Samudra Pasifik bagian tepi barat daya. 

Danau Kakaban ini merupakan salah satu warisan yang ada di dunia ini atau biasa disebut dengan (World Heritage). Bagi yang hobi atau penyuka wisata bahari, Danau Kakaban ini recomended karena danau ini memiliki luas 774,2 hektar dan memiliki populasi serta keragaman ubur-ubur yang paling banyak di dunia. 

Tempat wisata Indonesia yang mendunia



Danau yang terkenal dengan ekosistem yang unik ini juga terkenal di dunia sebagai danau yang mmeiliki 4 jenis ubur-ubur yang sangat berbeda jika dibandingan dengan danau yang lain di dunia. 4 jenis ubur-ubur tersebut adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur kotak, ubur-ubur totol dan ubur-ubur terbalik. ubur-ubur terbalik adalah ubur-ubur yang menjadi trade mark di Danau Kakaban ini dengan posisi badan terbalik.



Tempat wisata Indonesia yang mendunia
ubur-ubur bulan

Tempat wisata Indonesia yang mendunia
ubur-ubur kotak

Tempat wisata Indonesia yang mendunia
ubur-ubur totol

Tempat wisata Indonesia yang mendunia
ubur-ubur terbalik



Selain 4 jenis ubur-ubur tersebut juga ada ubur-ubur berbadan bening seperti piring kaca (Aurelia Aurita) dan ubur-ubur yang sangat mungil ukurannya yaitu (Tripedalia Cystophora) serta juga ada ubur-uburseperti bola lampu pijar berwarna biru kecoklatan (Mastigias Papua)
Sisi lain di Kakaban ini juga memiliki tebing yang tinggi dan curam yang langsung masuk ke laut dengan terumbu karang yang sangat indah serta gua-gua dan lorong menjadi surga baru bagi para penyelam. 

Meskipun keunikan dan keindahan Danau Kakaban begitu mengagumkan dan memiliki ubur-ubur  yang tidak menyengat akan tetapi di Kakaban ini memiliki aturan yang harus ditaati ketika ingin berenang di danau ini yaitu 1) tidak boleh menyebur dengan cara melompat ke dalam danau, Anda harus turun dengan pelan-pelan tujuannya agar air di danau itu tetap jernih dan tidak merobek kulit ubur-ubur yang ada disana, 2) boleh memegang ubur-ubur tetapi tidak boleng mengangkatnya terlalu tinggi apalagi sampai diatas air karena ubur-ubur bisa mati, 3) dilarang menggunakan fin jika ingin menyelam di Kakaban, karena demi kelestarian ubur-ubur.

mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan mengenai Danau Kakaban, semoga bermanfaat untuk Anda, teimakasih sudah mengunjungi blog ini.