MENJANGAN. SURGA YANG TAK DIRINDUKAN DI BALI

Dream Wall Pulau Menjangan
Bali memang menyimpan berjuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata religi, semua tersedia di sini. Namun terkadang bagi sebagian orang yang suka traveling, Pulau Bali terasa membosankan karena hanya spot-spot tertentu yang dikunjungi. Eits, siapa sangka jika ternyata Bali masih memiliki satu surga tersembunyi yang menawarkan panorama menakjubkan bagi kalian. Surga ini adalah Pulau Menjangan. Sebuah pulau yang masih sangat alami dengan spot diving yang super amazing.
Dream Wall
Mengapa disebut Pulau Menjangan? Kata “menjangan” berasal dari bahasa Jawa yang artinya kijang atau rusa. Setiap musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini  terdapat banyak rusa liar yang semakin lama jumlahnya semakin menurun. Sehingga pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.
 
Coral Garden
Wisata Pulau Menjangan memiliki sejuta pesona, terutama suguhan eksotisnya taman bawah laut, berupa ekosistem terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. Ini menyebabkan wisata Pulau Menjangan diminati oleh para pencinta snorkeling maupun diving.
Laut di Pulau Menjangan Bali Barat sangat jernih. Berbagai spot untuk kegiatan snorkeling memiliki ombak yang tenang dan tidak terlalu dalam. Sangat ideal untuk menyaksikan indahnya hamparan hutan terumbu karang dengan ikan hiasnya yang berwarna-warni.
Keindahan Eel Garden dan Pantai Menjangan
Bagi pencinta diving, menyelam di Pulau Menjangan menjanjikan pengalaman sangat mengesankan. Setidaknya ada sekitar 10 spot selam terfavorit, di antaranya Coral Garden, Mangroove Point, Underwater Cave, Dream Wall, Bat Cave, Secret Bay, Anchor Wreck, dan Eel Garden.