Sunday, April 2, 2017

PESONA WISATA MISTIS DI PULAU DEWATA

3 comments :
Pulau dewata yaitu sebuah tempat wisata yang selalu memiliki keistimewaan yang jauh berbeda dari objek wisata yang ada didaerah lain. Banya wisata yang menyuguhkan keindahan namun ada juga wisata yang menyuguhkan keunikan yaitu Desa Trunyan bangle, tempat ini dibilang unik bukan karena tempatnya namun ada sisi lain yaitu dalam pemakaman bagi orang yang mati. Pulau dengan mayoritas penduduk yang beragama hindu ini biasanya menggunakan pemakaman dengan cara penguburan dan pembakaran (Ngaben). Sungguh berbeda dari yang biasa di desa Trunyan ini pelaksanaan pemakamannya yaitu dengan meletakkan mayatnya pada sebuah tempat yang khusus yang biasa disebut dengan seme wayah.

Ketika kita mengunjungi “Seme Wayah” maka kita akan melihat berundagan dan ketika masuk kedalam akan disambut dengan 2 candi yang terdapat barisan tengkorak dan tempat peletakan koin untuk para tourist. Nama desa Trunyan diambil dari nama pohon besar yang menjulang tinggi yaitu pohon taru menyan yang berarti pohon wangi. Menurut cerita leluhur mayat yang diletakan disana tidak akan berbau busuk karena bau busuk maya telah diserah oleh akar dari pohon taru menyan. 

INI DIA KEUNIKAN LAIN DESA TRUNYAN

1.      Trunyan merupakan daerah yang dijadikan tempat wisata karena proses pemakamannya yang unik yaitu berbeda dengan yang lainnya.
2.      Pemakaman biasanya menggunakan peti atau kain kafan namun disini pemakamannya yaitu mayatnya hanya digeletakkan diatas tanah hingga menjadi tengkorak dengan sendirinya.
3.      Tanah di desa ini bukan tanah biasa, namun mayat tersebut diletakkan di tanah dekan pohon besar yang sudah tumbuh lama.
4.      Pemakaman yang ada disini juga cukup sederhana yaitu kerabat yang meniggal hanya perlu menyiapkan bambu sebagai pagar pemakaman dan sesajen di samping makam.
5.      Bambu yang dijadikan pagar hanya seukuran satu meteran dan sekat antar kuburan hanya dengan sesajen.
6.      Mayat yang hanya dibiarkan terbuka ini tidak akan berbau busuk tapi malah berbau wangi.
7.      Mayat yang ada di desa trunyan hanya lah orang-orang tertentu yaitu yang memenuhi status kematian wajar.
8.      Desa trunyan tidak hanya menyuguhkan tempat pemakaman saja namun ada juga tarian yaitu Barong Brutuk dengan menggunakan kostum seram.

3 comments :

  1. Artikelnya bagus dan menarik 👍

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas Dhian komentarnya, tunggu artikel selanjutnya yaa

    ReplyDelete