TIPS LIBURAN KE KARIMUNJAWA ALA MAHASISWA

Kepulauan Karimun Jawa terletak dikawasan Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Kalian harus menyebrang dengan menggunakan kapal fery untuk sampai ke destinasi wisata dunia ini. Sebenarnya banyak juga Tour Travel yang menawarkan paket liburan yang tersebar di sepanjang area dermaga Semarang ataupun jepara tapi tentunya budget yang kalian keluarkan akan melebihi kapasitas kalian sebagai mahasiswa.
Keindahan Pulau Cilik, Karimunjawa

Cara Menuju Karimunjawa 
Karena ini tipsnya untuk kalangan Mahasiswa, maka yang kita tulis disini tips dengan low budget kelas kelas mahasiswa saja. Hehe. Untuk menuju ke Pulau Karimunjawa, kita perlu menggunakan Kapal Fery untuk sampai kesana. Kalian para mahasiswa, bisa menggunakan kapal feri Siginjay yang membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam perjalanan dengan harga tiket Rp. 59.000. Dengan kapal feri kalian bisa membawa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil untuk menyebrang dengan biaya tambahan Rp. 50.000 per motor. Sangat terjangkau untuk kalangan mahasiswa untuk menikmati destinasi kelas dunia ini. Kalau dari Semarang cukup menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke Pelabuhan Kartini jepara tempat Kapal Ferry Siginjay berskalianr.
Tapi perlu diketahui secara penting, kapal Fery Siginjay tidak setiap hari berangkat melainkan ada hari hari khusus kapal Fery ini berangkat ke Pulau Karimunjawa. Berikut jadwal kapan Fery Siginjay yang start dari pelabuhan Kartini Jepara.
Suasana Keramaian Pelabuhan Karimunjawa


Penginapan di Karimunjawa
Wisma Apung dan Penangkaran Hiu

Begitu kalian tiba di pelabuhan Karimunjawa ada banyak orang yang akan menawarkan penginapan. Homestay ala backpacker di bandrol dengan harga antara Rp. 80.000 – Rp. 150.000 semalam dengan fasilitas stkalianrd kipas angin dan kamar mandi luar / dalam. Tergantung fasilitas yang diinginkan.
Untuk kamar dengan AC rata-rata di bandrol mulai dari Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per malam. Selain itu juga terdapat hotel dengan harga diatas Rp. 300.000 – jutaan per malamnya.
Kalau kalian pengen lebih berhemat lagi, kalian bisa membawa tenda camping sebagai alat untuk menginap. Kalian bisa mendirikan tenda di Alun Alun Karimunjawa, atau pantai pantai terdekat yang berada di Pulau Besar Karimunjawa.
Wisata Darat Karimunjawa 
Selain wisata bahari, kalian juga bisa menikmati keindahan Karimunjawa dari daratan. Untuk menikmati wisata darat Karimunjawa, kalian membutuhkan armada untuk keliling pulau, berhubung kalian tadi membawa kendaraan pribadi, jadi tak perlu sewa motor untuk keliling. Tetapi kalau kalian pengen sewa kendaraan, harganya cukup murah, antara Rp. 70.000 – Rp. 100.000 tergantung tawar menawarnya.
Berikut beberapa destinasi darat menarik yang bisa kalian nikmati selama di Karimunjawa.

Bukit Love

Bukit Love, merupakan bukit yang terletak di sebelah barat memberikan pemkalianngan laut yang tidak kalah keren dengan bukit Joko Tuwo.
Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam, merupakan salah sastu destinasi favorit untuk menikmati sunset. Jarak dari aloon-aloon sekitar 7 km.
Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng, pantai ini tidak jauh dari pantai ujung gelam yang juga tidak kalah indahnya, karena ada sebuah gazebo di pantainya


Nirwara Resort merupakan salah satu resort dengan pemkalianngan sunrise yang luar biasa. Apabila kalian bukan tamu di Nirwana Resort ini, kalian harus membayar Rp. 15.000/ orang untuk bisa menikmati keindahan pantainya.

Tour Laut di Karimunjawa
Apabila kalian ingin menikmati keindahan bahari Karimunjawa namun rombongan kalian sedikit, ada baiknya kalian mencari informasi tentang tour laut. Coba tanyakan di penginapan yang kalian pilih, biasanya pemilik penginapan akan membantu kalian untuk mecarikan tour laut. Sehingga kalian tinggal tahu beres dengan membayar antara Rp. 150.000 – Rp. 250.000 .
Snorkeling di Pulau Sintok

Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa perlatan snorkling, sewa kapal, fee guide lokal, makan siang ikan bakar di pulau dan dokumentasi underwater. Sehingga kalian tinggal berangkat. Biasanya tour laut ini dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Secara umum ada dua rute yang biasa ditempuh, yaitu rute ke barat atau ke timur. Destinasi pada rute barat biasanya akan snorkling di Pulau Cemara Besar dan Pulau Cemara Kecil, sedangkan rute timur biasanya akan snorkling di P. Gosong dan Pulau Kecil.
Barbeque di Pulau Cilik