Wisata Bogor: Surga air terjun terindah di Indonesia

Dengan kontur bentang alam berbukit dan bergunung-gunung, banyak sumber mata air muncul di Bogor. Beberapa di antaranya bahkan mengalir dan membentuk sebuah curug yang indah. Menurut kami, setidaknya terdapat belasan curug yang istimewa di Bogor. Tapi lima di bawah ini pantas mendapatkan tempat tersendiri dalam daftar spot wajib anda kunjungi! Hanya saja, untuk menempuh tempat wisata tersebut dibutuhkan tenaga dan upaya ekstra untuk bisa sampai ke lokasi. Meski begitu, kerja keras anda akan terbayar setelah sampai ke tujuan.

1. Kolam hijau yang memesona: Curug Leuwi Lieuk
Setibanya di lokasi, kata yang pertama kali terucap pastinya adalah ungkapan kekaguman. Bagaimana tidak, tempat dan semua faktor pendukungnya luar biasa keren!


Kolamnya memiliki air yang jernih, juga dingin, sedangkan letaknya berada di tengah bebatuan. Dinaungi pepohonan di atas bukit menambah kesejukan dan nilai indahnya tempat ini.


Dan Anda tak boleh melewatkan momentum ber-selfie, atau wefie, karena dengan paparan cahaya matahari yang cukup, tempat ini begitu Instagrammable, baik di atas atau bahkan di bawah air sekali pun.


Curug Leuwi Lieuk
Alamat: Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
Jam Operasional: 06.00-18.00
Tiket Masuk: Rp10.000,-
Cara ke Sana: Dari pusat Kota Bogor, langsung menuju kawasan Sukamakmur. Ikuti petunjuk jalan menuju lokasi.


2. Murah tapi bisa seru-seruan: Curug Leuwi Hejo
Tak sedikit yang menyebut curug ini sebagai Curug Bengkok. Ada juga yang mengatakan curug ini merupakan versi mininya Green Canyon. Tapi apa pun sebutannya, semua orang sepakat curug ini istimewa dan luar biasa indah.

Seperti halnya pemandian alami, air yang mengalir di curug ini segar dan dingin juga jernih. Jadi basah-basahan di sini adalah hal yang wajib dilakukan.


Tapi satu hal lain yang tak boleh dilewatkan! Apalagi kalau bukan selfie dan wefie bersama orang terdekat.


Curug Leuwi Hejo
Alamat: Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830
Jam Operasional: 08.00-18.00
Tiket Masuk: Rp10.000,- untuk restribusi pemerintah dan Rp5.000,- untuk restribusi desa.
Cara ke Sana: Ada dua alternatif jalan, lewat Sentul City atau Citeureup Bogor. Ikuti petunjuk jalan ke Wisata Alam Curug Bengkok.


3. Dinding tebing istimewa: Curug Country
Curug atau air terjun merupakan fenomena alam yang luar biasa. Tapi ketika cucuran air itu jatuh dengan menyusuri dinding tebing yang eksotik, entah kata apa lagi yang bisa menggambarkan keindahan tersebut.


Di Curug Country, atau yang biasa disebut sebagai Niagara Mini, Anda bisa menikmati fenomena alam yang sangat istimewa tersebut. Cucuran air dari tebing bagian atas yang tidak terlalu tinggi dan deras, menghasilkan pemandangan yang top banget.


Hebatnya, alam juga menawarkan beberapa spot yang bagus untuk sekadar mengambil gambar, baik dari atas, samping atau bahkan dari depan curug itu sendiri.


Tapi, peringatan keras buat Anda yang ingin berfoto. Kewaspadaan tinggi harus dimiliki karena bebatuan yang licin.

Curug Country
Alamat: Tanjungrasa, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat 16840
Jam Operasional: 08.00-18.00
Tiket Masuk: Rp20.000,-
Cara ke Sana: Dari Cibubur, ambil arah ke Jonggol dan terus menuju Pasar Cariu. Setelahnya silakan bertanya ke penduduk lokal arah menuju lokasi.


4. Menyelami cinta di Curug Love
Curug Love memang tak sefenomenal curug lainnya di Bogor, tapi bila berbicara keindahan, levelnya sangat bersaing.


Lalu mengapa bisa disebut Curug Love? Ini tak bisa dilepaskan dari adanya batu menggantung yang berbentuk seperti hati. Curug yang nama aslinya adalah Curug Meleduk itu pun secara otomatis berganti nama.


Ada sejumlah spot menarik untuk mengambil gambar, karena memang tempatnya sangat Instagrammable, baik di atas dan di dalam air. Tak percaya? Coba datang sendiri.



Curug Love
Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat
Jam Operasional: 07.00-17.00
Tiket Masuk: Rp10.000,-
Cara ke Sana: Dari Sentul International Convention Centre langsung mengarah ke Jungle Land. Sebelum pintu gerbang, belok kanan melalui perkampungan. Ikuti petunjuk jalan.


5. Menikmati air yang sejuk dan menyegarkan: Curug Leuwi Cibaliung
Menghabiskan waktu di Curug Leuwi Cibaliung adalah suatu keharusan. Bukan hanya karena suasananya, tapi juga karena atmosfer yang ada di sana.


Air yang jernih dan dingin, mengundang siapa pun yang datang untuk segera bermain di dalamnya. Kontur bebatuan juga memunculkan sensasi tersendiri, dan bisa menjadi spot foto yang bagus, tergantung angle pengambilan gambar.


Tak ingin mandi di curugnya? Jangan khawatir, bersenang-senang di sekeliling curug juga menjadi pengalaman yang menarik. Sejumlah spotnya juga bagus untuk background selfie atau wefie.


Curug Leuwi Cibaliung
Alamat: Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Tiket Masuk: Rp15.000,- untuk masuk wilayah Leuwi Hejo dan Rp5.000,- untuk masuk ke Leuwi Cibaliung.
Cara ke Sana: Dari Jakarta mengarah ke Jungle Land dan menuju ke Curug Luewi Hejo. Ikuti jalur sesuai petunjuk.