Ini Dia Daftar Tempat Wisata Kuliner di Semarang! Lezatnya Melegenda!

sumber gambar: kaskus..co.id
Sedang berlibur ke Ibukota Provinsi Jawa Tengah? Jangan lupa datangi tempat wisata kuliner di Semarang yang sangat khas dan rasanya sudah melegenda. Saat sedang datang berkunjung ke sebuah daerah baru, di samping menyambangi tempat-tempat wisata biasa, Anda juga harus menjelajahi kulinernya. Karena setiap daerah memiliki kuliner khas yang berbeda-beda. Sehingga Anda akan mendapatkan cita rasa dan pengalaman baru.
Daftar Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba
Kota Semarang adalah salah satu kota metropolitan di Jawa Tengah dan menjadi kiblat bagi kota-kota lain di sekitarnya. Tentu kota ini mempunyai berbagai destinasi wisata menarik yang mengagumkan. Yang tak boleh dilewatkan ketika datang ke sini adalah merasakan wisata kuliner di Semarang Jawa Tengah. Mampirlah ke tempat-tempat yang ada di bawah ini :
1. Lumpia Gang Lombok
Apa yang Anda ketahui tentang makanan khas dari Semarang? Sebagian besar orang pasti akan menjawab Lumpia. Memang benar, makanan ini sangat populer sampai ke luar daerah. Lumpia sendiri adalah jajanan berbentuk lonjong memanjang seperti roll, dengan kulit yang terbuat dari tepung dan isian dari beberapa jenis sayuran. Jenis sayur yang menjadi ciri khas dari isian lumpia adalah rebung. Biasanya rebung ini dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan potongan wortel, tauge dan sebagainya.
sumber: https://www.abbabilrentcar.com/lumpia-gang-lombok/
Nah, tempat yang tepat untuk menikmati kelezatan lumpia yang sudah melegenda adalah Lumpia Siem Swie Kiem atau yang lebih dikenal dengan Lumpia Gang Lombok. Letaknya ada di Gang Lombok No. 11, Kauman, Semarang. Kelezatan dari Lumpia Gang Lombok ini pun sudah diakui banyak orang. Untuk bisa ke sini, Anda harus datang dengan cepat jika tidak ingin mengantre panjang.

2. Tahu Gimbal Pak Edy
Tempat wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda icip adalah Tahu Gimbal Pak Edy. Tahu Gimbal sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Semarang. Bentuknya hampir mirip dengan Kupat Tahu dari Magelang, perbedaannya adalah makanan ini menggunakan lontong, bukan ketupat, dan ditambah dengan telur dadar. Anda bisa mencoba kelezatan Tahu Gimbal Pak Edy yang berlokasi di sekitar Taman KB, tak jauh dari Alun-Alun Simpang Lima.
sumber: http://www.asliindonesia.net
3. Soto Bangkong
Jika Anda sedang mencari kuliner yang menyegarkan, cobalah Soto Bangkong yang sudah melegenda di Semarang. Soto ini sudah dibuka sejak tahun 1950-an dan kelezatannya terkenal seantero Semarang. Meskipun namanya Soto Bangkong, bukan berarti makanan ini menggunakan daging Bangkong (Katak) sebagai campurannya. Nama Bangkong diambil berdasarkan sebutan daerahnya. Lokasi persisnya ada di Jalan Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan.
sumber: http://anekatempatwisata.com/kuliner-semarang/
Harganya pun sangat murah meriah. Dengan budget 10ribu saja, Anda sudah mendapatkan 1 porsi Soto Bangkong yang enak dan segar. Makanan ini sangat cocok sebagai sarapan maupun makan siang untuk meredam hawa panas Kota Semarang.

4. Leker Paimo
Satu lagi jajanan khas Semarang yang harus dinikmati, yakni Leker Paimo. Mungkin kue leker ini juga ada di daerah lain, tapi tentunya Leker Paimo mempunyai cita rasa yang berbeda. Kue leker bentuknya hampir sama dengan Crepe, namun ukurannya lebih kecil dan teksturnya lebih lembut. Biasanya topping yang ditambahkan adalah bahan-bahan yang manis, seperti susu kental manis, meses, keju, buah pisang dan lain-lain.
sumber: http://seputarsemarang.com/leker-paimo/
Tapi Leker Paimo ini sangat unik. Ia menyediakan berbagai variasi rasa yang sangat cocok di lidah. Mulai dari yang manis, gurih hingga pedas. Jika Anda penasaran dengan cita rasanya, langsung saja kunjungi lapaknya di Jalan Karanganyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah.

5. Semawis
Beralih ke tempat wisata kuliner di Semarang pada malam hari. Tepatnya berada di Jalan Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang Tengah. Menariknya, restoran enak di Semarang ini hanya buka di akhir pekan, dari hari Jum’at – Minggu. Tempat ini adalah sebuah kawasan dimana terdapat berbagai stand yang menjual beraneka macam makanan. Jadi, bila Anda ingin mencoba wisata kuliner yang sesungguhnya, maka datanglah ke tempat ini.
sumber: http://exploresemarang.com
Beberapa kuliner yang dijual di kawasan Semawis ini adalah nasi pindang, sate sapi, nasi gudeg, sampai makanan yang terbuat dari seafood. Anda juga bisa menemukan hidangan-hidangan tempo dulu yang pastinya sudah melegenda. Namun Anda perlu berhati-hati ketika datang ke sini, karena tempat ini selalu ramai pengunjung.

Menjelajahi tempat-tempat wisata kuliner di Semarang memang selalu menyenangkan. Ajaklah para sahabat maupun keluarga agar turut menikmati cita rasa khas Semarang. Jangan sampai ketinggalan untuk icip-icip ya.