Wednesday, February 20, 2019

9 (Sembilan) Ciri Keputihan Menjelang Menstruasi

No comments :
Ciri Keputihan Menjelang Menstruasi
Ciri Keputihan Menjelang Menstruasi
9 (Sembilan) Ciri Keputihan Menjelang Menstruasi. Keputihan sebelum menstruasi cukup normal dan dialami hampir setiap perempuan. Ada sembilan ciri pada keputihan yang terjadi pada saat menjelang menstruasi. Mari kita simak uraian berikut ini:

Pertama, Volume Lendir Lumayan Banyak
Keputihan bisa saja terjadi kapanpun. Tetapi saat memasuki masa subur, yakni pada hari-hari menjelang haid umumnya jumlah lendir keputihan akan meningkat. Sehingga daerah vagina juga menjadi lebih lembab. Dalam kondisi normal, lendir yang keluar berwarna putih, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal.

Kedua, Peningkatan Frekuensi Keputihan
Ciri keputihan menjelang haid berikutnya yakni frekuensinya meningkat. Mungkin Anda membutuhkan mengganti celana hingga dua kali dalam sehari. Kondisi ini terbilang normal karena dipengaruhi efek kenaikan hormon estrogen. Asalkan tidak ada bau, warnanya putih dan tidak gatal maka itu termasuk keputihan fisiologis (normal).

Ketiga, Lendir Berwarna Kecoklatan
Pada saat menjelang menstruasi, pada awalnya vagina akan mengeluarkan lendir bewarna putih seperti susu. Setelah beberapa hari, lendir akan berganti warna menjadi coklat. Hal ini disebabkan lendir telah bercampur dengan darah haid.

Keempat: Disertai Kram Perut
Ketika menjelang menstruasi, keputihan yang keluar juga disertai dengan gejala kram perut. Hal ini dikenal sebagai tanda PMS. Penyebabnya dikarenakan otot-otot rahim mengalami kejang, dan dinding rahim juga mengalami peluruhan sehingga timbulah rasa sakit seperti di remas-remas. Kondisi ini umumnya terjadi satu sampai dua hari sebelum siklus haid. Pada saat darah haid mulai keluar, maka gejala kram di perut akan semakin berkurang. Kemudian menghilang dengan sendirinya setelah periode berakhir. 

Kelima: Disertai Sakit Punggung
Tinggi kadar estrogen yang diproduksi tubuh tak hanya mengakibatkan keputihan saja. Gejala lain yang mngiringi yaitu kram atau sakit di daerah punggung. Perempuan akan merasakan pegal-pegal. Bahkan kadang-kadang kram ini menjalar hingga paha.

Keenam: Disertai Nyeri Payudara
Tanda lain untuk membedakan antara keputihan sebelum haid dengan kehamilan yaitu terletak pada payudara. Umumnya, saat hendak memasuki siklus haid kondisi payudara menjadi agak bengkak dan disertai rasa nyeri. Gejala nyeri ini bisa sangat menyakitkan namun kadang juga tidak. Tentunya setiap wanita mengalami tingkat sakit yang berbeda-beda.

Ketujuh, Disertai Gejala Mudah Lelah
Pada saat menjelang siklus menstruasi, kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi pegal-pegal dan mudah lelah. Biasanya wanita yang PMS menjadi malas untuk beraktivitas. 

Kedelapan, Disertai Gejala Haus Berlebihan
Ciri-ciri lain dari wanita PMS yaitu timbulnya rasa haus berlebihan. Tubuh mengalami retensi air sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan memperbanyak konsumsi air putih atau buah-buahan ketika  menjelang haid untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. 

Kesembilan, Disertai Peningkatan Nafsu Makan
Ketika menjelang siklus haid, perempuan juga cenderung mengalami peningkatan nafsu makan. Gejala ini mirip orang yang sedang mengalami ngidam. Bahkan, porsi makan juga akan bertambah.

No comments :

Post a Comment