Perbedaan Keputihan Menjelang Haid dan Hamil Pada Wanita

Perbedaan Keputihan Menjelang Haid dan Hamil Pada Wanita
sumber gambar: wajibbaca.com. 
Perbedaan Keputihan Menjelang Haid dan Hamil Pada Wanita, Keputihan atau dalam dunia medis dikenal sebagai Flour Albus merupakan kondisi dimana wanita mengeluarkan lendir berwarna putih dari vaginanya. Lendir tersebut disekresikan dari serviks dan vagina, mengandung sel-sel mati serta beragam mikroorganisme dari dalam organ intim. Keputihan merupakan kondisi normal yang dialami setiap wanita. Hal ini bisa membantu menjaga organ intim tetap sehat. Namun jika frekuensinya berlebihan akan menjadi keputihan abnormal atau patologis. Keputihan patologis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus dan parasit lainnya.
Faktor penyebab keputihan sendiri ada banyak. Diantaranya yang paling dominan yakni dikarenakan peningkatan hormon estrogen. Biasanya kadar hormon ini naik saat menjelang menstruasi (haid) dan pada masa kehamilan. Maka itu, tak heran jika para wanita kerap mengalami keputihan ketika hendak memasuki siklus haid serta di periode kehamilan. Lalu apa sih perbedaan keputihan menjelang haid dan hamil? Berikut penjelasannya dengan membandingkan ciri-ciri keputihan menjelang menstruasi dan ciri-ciri keputihan saat kehamilan!

Silahkan di baca: 

Ciri-Ciri Keputihan Menjelang Menstruasi 

Ciri-Ciri Keputihan Saat Kehamilan


Tips Mencegah Keputihan
Keputihan memang dapat membersihkan kuman dan sel-sel mati pada dinding rahim. Namun tetap saja, keputihan yang berlebihan tidak sehat. Terdapat beberapa tips untuk mencegah terjadinya keputihan berlebih. Diantaranya yaitu:
Menjaga kebersihan organ kewanitaan
Mengganti celana sebanyak 2 kali dalam sehari
Hindari menggunakan tisu di toilet umum
Gunakan pantyliner dengan daya serap tinggi untuk membantu mengurangi lendir, sehingga kondisi vagina bisa tetap kering. Namun demikian, jangan terlalu sering juga ya. Pantyliner tidak baik jika digunakan setiap hari
Menjaga pola makan, kurangi konsumsi gorengan, junk food, dan makanan yang mengandung zat-zat aditif
Perbanyak konsumsi buah pisang, buah delima
Tingkat konsumsi air putih
Bersihkan area kewanitaan setelah melakukan hubungan seksual
Hindari stres berlebihan
Dan lakukan olahraga secara rutin
Pada dasarnya, perbedaan keputihan menjelang haid dan hamil tidak dapat dipastikan. Dari fisiologis, warna dan teksturnya sama saja. Namun yang membedakan adalah tanda-tanda lain yang menyertai. Sedangkan untuk keputihan patologis, umumnya lendir berwarna kekuningan, berbau tajam, ada rasa gatal dan nyeri ketika mengeluarkan urin. Kondisi ini tidak normal dahn harus segera diperiksakan ke dokter.