Bahayakah Setelah Caesar Langsung Hamil Lagi???

wajibbaca.com



Bahayakah Setelah Caesar Hamil Lagi ?
Melahirkan normal dan caesar memiliki perbedaan terbesar bukan hanya kecepatan proses dan rasa sakit serta usaha yang dibutuhkan tapi juga berkaitan dengan proses penyembuhannya. Penyembuhan operasi caesar memiliki waktu yang lebih panjang dan memerlukan proses perawatan tertentu dibandingkan dengan melahirkan normal. Pada masa penyembuhan tersebut tentu kondisi rahim ibu belum siap untuk dimaksimalkan fungsinya.
Oleh karena itu, kehamilan setelah operasi caesar harus dihalangi terlebih dahulu setidaknya hingga kondisi rahim dalam keadaan yang baik. Wanita pasca melahirkan secara caesar setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 24 bulan seperti kebanyakan dokter kandungan merekomendasikan meskipun setiap wanita memiliki waktu penyembuhan yang berbeda.
Resiko Kehamilan Segera Setelah Caesar
  1. Resiko ruptur uteri
Ruptur Uteri merupakan keadaan dimana robeknya dinding uterus yang dapat berbahaya bagi ibu maupun bayi. Robeknya dinding uterus tersebut dapat menyebabkan terjadinya kondisi pendarahan yang mengancam nyawa ibu terutama pada saat persalinan.

  1. Kelahiran prematur
Ketidaksiapan rahim dalam menghadapi proses kehamilan menjadikan pertumbuhan bayi berlangsung kurang efektif dan maksimal sehingga resiko kelahiran prematur dapat terjadi. Wanita yang terlalu cepat hamil pasca menjalani operasi caesar dapat menyebabkan berat badan bayi yang dilahirkannya nanti dibawah normal.
  1. Tidak dapat melahirkan secara normal
Kondisi resiko selanjutnya yang pasti akan terjadi pada ibu hamil yang terlalu cepat pasca melahirkan caesar adalah pasti menjalani persalinan caesar lagi saat melahirkan nanti. Kondisi persalinan caesar kembali terjadi pada ibu hamil yang memiliki riwayat operasi caesar namun dapat saja melahirkan normal ketika jarak kehamilannya jauh (kurang lebih 4 tahun).
  1. Trauma dan ketakutan
Resiko selanjutnya adalah munculnya trauma dan ketakutan sehingga ibu dapat lebih mudah stres dan mengalami berbagai macam gangguan kehamilan baik secara fisik maupun psikisnya. Bayangan persalinan caesar selanjutnya yang lebih sakit dan berat tentu menjadikan ibu hamil semakin stres dan ketakutan menghadapi kehamilannya.
Itulah beberapa risiko yang dapat terjadi jika langsung hamil setelah melakukan persalinan normal karena rahim belum siap untuk melakukan proses kehamilan lagi. Selain itu lebih baik jika menunda kehamilan hingga 2 tahun agar proses menyusui ke bayi yang sudah lahir bisa berjalan optimal tanpa terganggu proses kehamilan.



Sumber klik disini