Benarkah Naik Turun Tangga Bisa Mempercepat Kelahiran???

orami.co.id


Benar atau Tidak???

Memang benar bahwa melakukan olahraga penting untuk mendukung persalinan. Hal ini karena olahraga membuat badan aktif dan janin menjadi aktif dalam kandungan. Aliran darah lebih lancar sehingga penting untuk proses pembukaan. Melakukan naik turun tangga ternyata bisa membuat ibu lebih cepat melahirkan. Hanya saja ibu harus melakukan dengan benar dan hati-hati. Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman dan tetap istirahat jika merasa lelah. Kemudian latihan ini bisa dilakukan menjelang persalinan. Dan yang lebih penting adalah bahwa kondisi fisik dan mental ibu dalam keadaan siap hamil.

Cara yang lain
  1. Sering berganti posisi
Saat Anda duduk terus maka bisa menghambat proses pembukaan. Karena itu selama menunggu proses pembukaan, ibu bisa banyak bergerak. Ibu bisa mengganti posisi dan tidak harus tidur di atas tempat tidur rumah sakit. Ibu bisa keluar kamar dan mencoba melakukan gerakan yang lebih nyaman.
  1. Jalan-jalan
Jalan-jalan bisa dilakukan menjelang tanggal prediksi melahirkan. Jalan-jalan singkat bisa menjaga posisi bayi masuk ke rongga pinggul dengan posisi yang tepat. Sehingga juga sangat penting untuk mencegah posisi bayi sungsang. Saat bayi sungsang sulit sekali bisa melahirkan normal.
  1. Merangsang payudara
Ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan oksitosin. Oksitosin bisa membuat kontraksi akan melahirkan bisa terjadi dengan baik. Cara melakukannya bisa dengan mandi air hangat kemudian merangsang payudara dengan tangan sendiri atau dengan bantuan suami.
  1. Mandi air hangat
 Proses mandi dengan air hangat akan membuat tubuh santai dan nyaman sehingga pembukaan serviks menjadi lebih cepat. Selain mandi dengan air hangat maka ibu juga bisa berendam dengan air hangat. Terlebih jika ibu akan melahirkan dalam air maka proses ini bisa mempercepat pembukaan.
  1. Squat ringan
Ketika ibu sudah mengalami beberapa pembukaan namun bayi tidak mau turun maka cobalah mendorong pembukaan serviks dengan squat. Squat ringan baik untuk membantu bayi segera turun. Cara ini dilakukan dengan berjongkok, lalu tubuh tegak dan punggung harus lurus. Juga kembali ke posisi normal dengan nyaman. Ibu bisa merasakan bagian otot perut dan serviks sampai paha menegang dan ini tanda yang normal menjelang persalinan.
  1. Mengosongkan kandung kemih
Ibu bisa mencoba untuk sering kencing karena ini akan mengosongkan kandung kemih. Cara ini bisa membuat serviks lebih cepat membuka dan bayi cepat turun. Posisi yang nyaman ini bisa dibantu dengan toilet duduk.
Itulah informasi mengenai naik turun yang bisa mempercepat kelahiran namun harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Selain naik turun tangga masih ada cara alami lainnya yang sudah dijelaskan di atas.



Sumber klik disini