Berapa Tekanan Darah Normal Untuk Ibu Hamil Trimester 3???

orami.co.id



Berapa Tekanan Darah yang Normal?
Sebenarnya yang terjadi pada tekanan darah ibu hamil tua adalah cenderung akan naik. Hal ini bisa dipengaruhi oleh meningkatkan kadar hormon yang bisa membuat tubuh tidak mengalirkan darah dengan lancar ke jantung. Kemudian tekanan darah ibu akan naik secara alami demi membuat jantung bekerja dengan normal. Hanya saja meskipun tekanan darah ibu hamil cenderung naik tapi sebaiknya tidak lebih dari 120/80 mmHg. Jika lebih maka ibu bisa dinyatakan terkena tekanan darah tinggi.

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal
  1. Harus memantau tekanan darah
Hal ini paling sering ditandai dengan tekanan darah tinggi yang muncul dengan cepat dan terkadang tidak disertai dengan gejala. Untuk itu semua ibu hamil harus menjaga agar tidak terkena tekanan darah tinggi sehingga tetap sehat. Pemeriksaan ke dokter sangat dianjurkan agar ibu tahu kondisi tekanan darah.
  1. Pola makan yang sehat
Ibu hamil harus menjaga untuk makanan yang menjadi asupan tubuh. Sebaiknya menghindari makanan yang terlalu asin karena memicu penyakit tekanan darah tinggi. Jadi ibu hamil harus membiasakan konsumsi makanan sehat, tidak dengan kadar garam yang tinggi dan rendah lemak. Hindari konsumsi makanan cepat saji dan memasak sendiri bisa menjadi pilihan yang paling tepat.
  1. Olahraga teratur
Untuk mengendalikan tekanan darah yang normal maka bisa melakukan olahraga yang teratur. Ibu bisa mencoba untuk berenang, senam hamil, jalan kaki setiap pagi dan yoga khusus kehamilan. Kebiasaan ini tidak hanya baik untuk tekanan darah ibu tapi bisa membantu persalinan yang lancar.
  1. Mengelola emosi
Saat hamil tua maka ibu cenderung bisa mudah marah karena berbagai kondisi. Jika emosi tidak dikelola dengan baik maka bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. untuk itu ibu bisa mengelola emosi dengan sering berbicara dengan pasangan, berbagi cerita dan bepergian jarak dekat yang nyaman.
  1. Menjaga waktu tidur
Saat baru tidur mudah terbangun karena harus ke kamar mandi, tubuh juga lelah sampai sesak nafas saat tidur. Untuk mengatasi masalah emosi dan tekanan darah tinggi maka ibu bisa menjaga waktu tidur. Asalkan ibu bisa tidur maka bisa mencoba untuk istirahat. Buat suasana yang nyaman sehingga kamar tidur sangat nyaman untuk istirahat.



Sumber klik disini