Cara Mengetahui Janin Sudah Masuk Panggul atau Belum

jurnalkeluarga.com


Ada beberapa pertanda yang dapat ditunjukkan oleh janin maupun tubuh ibu ketika persalinan yang ditunggu tunggu akan terjadi. Beberapa pertanda yang perlu diketahui oleh ibu hamil bahwa janin  siap lahir melalui proses persalinan terutama melahirkan normal, salah satunya adalah janin sudah masuk ke panggul. Berikut beberapa cara mengetahui janin sudah masuk panggul atau belum yang pasti.
  • Pemeriksaan USG
Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah melalui pemeriksaan USG atau ultrasonografi. Pada pemeriksaan USG, jika memang janin sudah berada di panggul maka pastinya terlihat posisi janin yang memang berada di panggul. Dokter kandungan yang melakukan pemeriksaan USG tersebut biasanya memberikan informasi pada ibu hamil. 
  • Perubahan Ibu Hamil
Cara mengetahui selanjutnya dapat diketahui dari kondisi yang dirasakan oleh ibu hamil. Perkembangan kehamilan dari awal sampai mendekati persalinan akan menyebabkan perubahan pada tubuh ibu hamil menyesuaikan keadaan yang terjadi dalam kandungan sebagai berikut:
  1. Ibu hamil mudah bernafas, leganya pernafasan yang dirasakan oleh ibu hamil tersebut dikarenakan janin yang turun ke bawah menyebabkan tekanan pada diafragma mengecil sehingga pernafasan akan lebih lancar dibandingkan sebelumnya ketika janin menekan diafragma lebih kuat.
  2. Adanya tekanan pada panggul, panggul akan terasa seperti ditekanan dan bagian perut seolah lebih lega dan tidak mendapatkan tekanan seperti sebelumnya. Tekanan yang terjadi pada panggul lama kelamaan dapat memicu munculnya nyeri pada daerah tersebut terutama ketika ukuran dan bentuk janin sangat besar.
  3. Munculnya keputihan, keputihan tersebut muncul karena sumbatan lendir diatas serviks akan menghilang pada saat posisi janin turun. Sumbatan yang hilang tersebut dapat memicu bakteri masuk dan menyebabkan terjadinya keputihan pada ibu hamil.
  4. Lebih sering kencing, ibu hamil akan sering merasakan kencing di akhir kehamilan dan merupakan tanda dimana janin sudah mendesak kandung kemih karena berada di bagian panggul. Ini juga dapat menjadi salah satu tanda tanda akan melahirkan.
  5. Rasa mulas dan nyeri perut berkurang, rasa mulas menjadi kondisi yang umum dirasakan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Pada akhir kehamilan, kondisi rasa mulas dan nyeri yang dirasakan oleh ibu hamil akan berkurang karena posisi janin yang sudah masuk ke panggul.
  • Pemeriksaan Tenaga Medis
Bukan hanya melalui USG atau ultrasonografi yang cukup praktis, cara mengetahui selanjutnya adalah dari pemeriksaan tenaga medis. Ada beberapa metode pemeriksaan yang dilakukan selain menggunakan USG yang pastinya dapat menginformasikan pada ibu hamil bahwa janin masuk ke dalam panggul dan siap untuk proses persalinan.



Sumber klik disini