Ciri-Ciri Saluran Tuba Falopi Tersumbat yang Harus Diketahui

kasihkabar.com


Menurut wikipedia, saluran tuba falopi adalah dua saluran yang halus yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Tersumbatnya saluran tuba falopi menyebabkan sel telur yang dihasilkan oleh ovarium tidak dapat dibuahi oleh sel sperma karena jalur pertemuannya terhambat. Kondisi tuba falopi yang tersumbat harus diketahui agar dapat diatasi secara medis untuk meningkatkan peluang mendapatkan kehamilan. Berikut ciri-ciri saluran tuba falopi tersumbat yang harus diketahui.
  • Kehamilan Terhambat
Tersumbatnya saluran tuba falopi menjadikan sel sperma dan sel telur  tidak dapat bertemu sehingga proses pembuahan sebagai awal dari kehamilan tidak akan terjadi. Banyak wanita yang baru menyadari bahwa saluran tuba falopinya tersumbat setelah mengalami kondisi sulit untuk hamil. Salurang tuba falopi yang terhambat merupakan salah satu faktor penghambat kehamilan untuk wanita.
  • Muncul Rasa Nyeri
Nyeri panggung sebagai ciri saluran tuba falopi yang tersumbat terjadi pada saat masa subuh atau rentang hari kedua belas sampai dengan hari ke delapan belas pada siklus mentruasi wanita. Kondisi rasa nyeri yang muncul tersebut bisa jadi terjadi akibat adanya desakan sel telur yang terhalangi oleh sumbatan dari tuba falopi.
  • Sakit Perut Bagian Bawah
Selain nyeri panggul, sakit pada perut bagian bawah ibu hamil dapat menjadi tanda adanya kondisi saluran tuba yang tersumbat. Sakit perut bagian bawah tersebut juga akan ditandai dengan adanya flek darah pada siklus menstruasi. Sakit yang terjadi pada bagian perut tersebut juga akan berpindah pada bagian punggung pada saat kehamilan.
  • Pusing & Demam
Pusing dan demam sebagai salah satu gejala atau tanda tanda saluran tuba falopi tersebut akan muncul  jika sumbatan pada saluran tuba falopi tersebut disebabkan oleh infeksi. Infeksi yang terjadi pada bagian tubuh manapun memang akan menimbulkan gejala awal demam atau peningkatan suhu tubuh.
  • Sakit Setelah Berhubungan
Gejala selanjutnya adalah rasa sakit yang muncul setelah berhubungan. Kondisi rasa sakit setelah berhubungan tersebut biasanya diawali kondisi yang tidak nyaman pada saat berhubungan intim dengan suami. Rasa tidak nyaman pada saat berhubungan atau rasa sakit setelah berhubungan muncul karena erosi atau perlengketan serviks.
  • Gejala Lainnya
Beberapa kondisi yang dapat menjadi petunjuk bahwa sumbatan saluran tuba falopi tersebut terjadi. Beberapa kondisi yang dimaksud tersebut yakni adanya cairan abnormal yang keluar dari vagina, sering buang air kecil akibat pelengketan saluran tuba falopi, perasaan mual dan muntah yang dipicu oleh infeksi kronik pada panggul, dan munculnya rasa nyeri saat menstruasi atau haid terjadi.

Tanda diatas harus dipahami sebagai kondisi tidak normal pada organ reproduksi wanita yang perlu mendapatkan diagnosis dan penanganan medis yang tepat. Untuk memastikan apakah memang benar terjadi sumbatan saluran tuba falopi maka ada pemeriksaan secara medis yang akan dilakukan yakni dengan pemeriksaan HSG atau histerosalpingografi.



Sumber klik disini