Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Muda

nationmultimedia.com


Ibu hamil selama kehamilan perlu menghindari berbagai macam pantangan ibu hamil yang dapat memberikan efek buruk terhadap kondisi kesehatan ibu hamil maupun perkembangan janin dalam kandungan. Salah satu bentuk pantangan tersebut adalah minuman dan makanan. Berikut beberapa minuman yang tidak boleh diminum ibu hamil muda
  • Kopi
Kopi memiliki kandungan kafein yang memberikan efek berbahaya bagi kondisi kehamilan. Kafein dalam kopi dapat menembus palsenta dan berdampak bagi janin . Konsumsi kopi yang berlebihan pada ibu hamil dapat menyebabkan munculnya kondisi gejala kecemasan, insomnia, kecanduan, jantung berdetak cepat dan kencang, gangguan pencernaan, serta resiko tekanan darah tinggi yang dapat berdampak pada kondisi preeklampsia.
  • Alkohol
Konsumsi alkohol secara umum dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan. Konsumsi alkohol bagi ibu hamil berbeda dengan kopi yang masih dapat diminum dalam batas tertentu. Oleh karena itu, menghindari mengkonsumsi alkohol bagi ibu hamil merupakan salah satu upaya untuk selalu menjaga kehamilan dalam kondisi normal.  Bahaya Alkohol saat hamil dapat menyebabkan berbagai dampak diantaranya kelahiran prematur, keguguran, cacat lahir, bayi lahir mati.
  • Minuman Bersoda
Minuman bersoda terutama dalam kemasan dapat menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kondisi kehamilan maupun janin . Minuman bersoda memiliki beberapa kandungan yang tidak bagus untuk kehamilan seperti gula tinggi, pemanis buatan, zat aditif, kafein, dan asam karbonat yang menyebabkan berkurangnya kadar kalsium di dalam tubuh yang tentu berbahaya bagi kondisi kehamilan. Minuman bersoda masih dapat dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang terbatas.
  • Minuman Tinggi Gula
Beberapa jenis minuman yang memiliki kandungan gula tinggi perlu dihindari bagi ibu hamil muda agar kondisi kehamilannya normal hingga persalinan terjadi. Minuman yang memiliki kandungan gula tinggi membeirkan dampak buruk bagi janin dalam kandungan. Bukan hanya ibu hamil, mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan gula tinggi juga perlu dihindari untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.
  • Minuman Instan
Minuman instan perlu dihindari karena memiliki kandungan yang memberikan dampak buruk bagi kondisi kehamilan dan kesehatan janin maupun ibu hamil. Minuman instan banyak mengandung gula dari pemanis buatan, dan tentunya ada bahan pengawet di dalamnya yang dapat memberikan pengaruh buruk pada janin di dalam kandungan.
  • Minuman Penambah Tenaga
Minuman penambah tenaga tidak memberikan tambahan tenaga bagi ibu hamil dalam prosesnya menghadapi kehamilan namun memberikan dampak buruk baik bagi kondisi kesehatan tubuh ibu maupun perkembangan janin. Selain mengandung bahan pengawet dan gula yang tinggi dari pemanis buatan, minuman suplemen tersebut juga memiliki kandungan mineral yang terlalu tinggi bagi ibu hamil.

Itulah beberapa minuman yang dilarang dikonsumsi dan sebaiknya dikurangi selama proses kehamilan agar kehamilan dapat berjalan dengan normal dan janin dapat lahir dengan sehat. Ada baiknya untuk mengonsumsi air putih atau jus buah tanpa gula yang dibuat sendiri di rumah.



Sumber klik disini