Penyebab Pertumbuhan Janin Tidak Normal yang Harus Diperhatikan!!!

factualnews.co


Salah satu usaha yang penting untuk dilakukan ibu hamil adalah menghindari berbagai penyebab yang dapat memicu kondisi tidak normal pada kehamilan mengenai keadaan janin tidak berkembang atau tumbuh secara normal sesuai dengan usia kehamilan. Berikut penyebab pertumbuhan janin tidak normal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil agar dapat dihindari.
  1. Nutrisi yang kurang
Pemenuhan nutrisi yang kurang baik dengan jumlah yang tidak mencukupi dapat menjadi penyebab pertumbuhan janin tidak normal. Nutrisi pada awal kehamilan sangat tinggi kebutuhannya karena kehamilan yang menjadi penting dan rentan terjadi pada trimester awal dimana terjadi pembentukan embrio dan pendukung lainnya serta tingginya resiko keguguran yang dapat terjadi.
Untuk dapat menghindari terjadinya pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak normal tersebut, langkah utama yang harus dilakukan adalah memenuhi setiap kebutuhan nutrisi selama hamil melalui konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dan mengurangi lebih dahulu beberapa pantangan kehamilan pada ibu hamil.
  1. Kondisi fisik ibu hamil
Kondisi ibu hamil yang mengalami obesitas dapat menjadi penghalang perkembangan janin karena obesitas dapat memicu munculnya banyak radikal bebas di dalam tubuh sebagai salah satu senyawa yang menghambat pertumbuhan janin. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka usahakan wanita yang sedang menjalani program hamil harus memiliki bentuk badan yang ideal agar tidak terjadi masalah pada perkembangan janin dan memicu munculnya bahaya obesitas lainnya.
  1. Kehamilan yang abnormal
Kondisi kehamilan abnormal seperti blighted ovum, kehamilan ektopik, dan kehamilan anggur tentu menyebabkan janin tidak berkembang sebagai mana mestinya. Kondisi kehamilan abnormal yang diatas merupakan keadaan yang memicu terjadinya keguguran dan janin memang tidak akan berkembang hingga persalinan.

  1. Penyakit tertentu
Beberapa penyakit yang terjadi pada ibu hamil juga dapat memicu kondisi ketidaknormalan perkembangan janin. Penyakit yang dialami oleh ibu hamil dan menjadi penyebab pertumbuhan janin tidak normal tersebut diantaranya seperti :
  • Infeksi dalam kehamilan, infeksi pada ibu hamil yang dapat menghalangi perkembangan kehamilan diantaranya seperti campak, campak jerman, cacar air, dan bahkan virus influenza.
  • Demam tinggi, demam tinggi pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko kematian janin dan menjadikan munculnya kondisi autisme sebagai bentuk perkembangan janin yang tidak normal.
  • Keputihan, kondisi yang sebenarnya wajar ini juga dapat berubah dan mengancam pertumbuhan janin di dalam rahim. Keputihan yang perlu diwaspadai adalah ketika sudah mulai muncul ciri seperti gatal, warna yang berubah, muncul bau, hingga jumlah keputihan yang terlalu banyak.
  • Penyakit lain, seperti rubella, measles, mumps yang merupakan beberapa jenis penyakit berbahaya bagi kehamilan dan memicu ketidaknormalan pertumbuhan janin di dalam kandungan.
Itulah beberapa penyebab perkembangan janin dalam kandungan yang tidak normal. Diharapkan dengan mengetahui penyebabnya maka ibu hamil bisa menghindarinya dan selalu menjaga kehamilan dalam keadaan sehat dengan menghindari semua pantangan dari ibu hamil.



Sumber klik disini