Penyebab Selulit pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

popmama.com


Selulit dianggap wajar untuk kondisi kehamilan dan semua ibu hamil bisa terkena. Selulit terbentuk dari benjolan pada permukaan kulit sehingga akhirnya membentu kulit seperti kulit jeruk purut. Masalah ini bisa muncul pada paha, bokong, pinggul, perut dan bagian lain. Lalu sebenarnya apa penyebab selulit saat hamil dan perawatannya? 

Penyebab
  • Lemak Berlebih
Pengaruh konsumsi makanan yang mengandung lemak berlebihan ternyata buruk untuk kesehatan kulit. Ibu hamil yang sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa terkena bahaya fast food. Lemak menumpuk pada kulit dan akhirnya menyebabkan selulit.
  • Kelebihan Cairan
Saat hamil biasanya tubuh ibu hamil menyimpan cairan yang lebih banyak. Hal ini ternyata memicu masalah selulit. Awalnya cairan menumpuk pada beberapa bagian tubuh. Kemudian akhirnya menumpuk pada kulit dan mengental bercampur dengan lemak.
  • Hormon Estrogen Meningkat
Selama hamil maka kadar etrogen dalam tubuh ibu meningkat dengan cepat. Hormon ini memberikan dampak pada ligamen dan otot sehingga bagian ini menjadi lemah. Ketika semakin lemah maka cadangan lemak akan menumpuk sampai membuat selulit. 
  • Produksi Hormon Prolaktin
Selama hamil maka tubuh ibu akan memproduksi hormon prolaktin. Hormon ini bisa membantu tubuh ibu menghasilkan ASI sehingga ibu bisa menyusui setelah melahirkan. Selain hormon prolaktin kadar insulin dalam tubuh juga naik turun, dan ini bisa memicu gestational diabetes.
  • Kenaikan Berat Badan
Selama hamil memang tubuh ibu akan mengalami kenaikan berat badan. Kondisi ini juga yang akan menyebabkan selulit akibat lemak yang menumpuk dalam tubuh ibu. Terlebih jika ibu memang sudah gemuk sebelum hamil.
  • Faktor Usia
Ibu hamil yang sudah lebih dari dua kali hamil dan usia yang lebih tua maka selulit bisa terbentuk secara alami. Hal ini paling sering terjadi pada lipatan perut, paha dan sekitarnya. Kondisi ini sudah tidak nyaman untuk kulit karena tingkat elastisitas kulit sudah tidak seperti waktu muda lagi.

Cara Mengatasinya
  1. Batasi konsumsi kalori berlebihan. Setelah melahirkan maka cobalah untuk menurunkan asupan kalori. Ini baik untuk mengembalikan berat badan secara ideal namun tidak menurunkan kualitas ASI.
  2. Konsumsi serat. Serat bisa membantu menurunkan lemak dalam tubuh dengan cara yang sehat. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan kesehatan ibu setelah hamil.
  3. Konsumsi daging tanpa lemak dan minyak sehat. Ibu juga memilih konsumsi lemak dari daging tanpa lemak jahat. Kemudian pilih minyak sehat yang baik untuk kulitseperti minyak zaitun, minyak biji bunga matahari dan minyak canola.
  4. Kembali latihan ringan. Biasakan untuk olahraga secara teratur untuk membuat kulit lebih lentur dan ligamen yang sehat. Ibu bisa senam, yoga atau olahraga yang lain.

Itulah faktor penyebab dan cara mengatasi selulit yang terjadi saat hamil. Meskipun biasa terjadi pada ibu hamil dan tidak berbahaya tapi sebagian ibu hamil menganggap ini hal yang mengganggu sehingga memilih untuk menghilangkannya.



Sumber klik disini