Friday, March 1, 2019

Tips Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan yang Paling Ampuh

No comments :
gaya.tempo.co


Bayi yang sudah berusia 8 bulan biasanya baru mengenal makanan sehingga umumnya bisa makan dengan baik. Namun biasanya orang tua mengalami kesulitan karena sejak umur 6 bulan bayi sudah diberi makanan khusus. Akhirnya bayi bisa merasa bosan dan nafsu makan menurun. Meskipun pemberian ASI atau susu formula tetap diberikan tapi makanan juga penting karena pertumbuhan bayi membutuhkan nutrisi dari makanan selain ASI. Berikut ini tips menambah nafsu makan bayi 8 bulan yang paling ampuh.

  • Berikan Pilihan yang Tepat

Cobalah mencoba memberikan MPASI sesuai kesukaan bayi. Ibu bisa mencoba memberikan  bubur beras atau bubur tepung yang dibuat sendiri. Tambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi yang dibuat sendiri sehingga aroma makanan lebih harum dan lezat. Ibu bisa menyelingi dengan sereal instan dan bubur bayi instan namun jangan terlalu sering ya bun.

  • Porsi Makanan yang Tepat
Bayi memiliki kebutuhan makanan yang tidak terlalu besar. Karena sebenarnya bayi masih membutuhkan ASI. Porsi yang tepat untuk bayi usia 8 bulan adalah sebanyak seperempat sampai setengah cangkir khusus untuk bayi. Kemudian pastikan setiap porsi mengandung protein, mineral, vitamin, lemak sehat dan karbohidrat.
  • Makan Bersama dengan Keluarga
Kemudian Anda bisa membiasakan mengajak bayi untuk makan bersama dengan keluarga. Meskipun saat itubayi tidak makan tapi bisa membuat bayi belajar bahwa ada waktu makan untuk mereka. Anda bisa mendudukan bayi di meja khusus dan biarkan bayi sibuk dengan makanan mereka. Cara ini bisa mendidik bayi menjadi anak yang lebih mandiri.
  • Perhatikan Variasi Makanan
Lalu ibu harus memperhatikan  jenis makanan yang ingin dikenalkan bayi. Ibu harus mencoba beberapa makanan sehingga bayi mencoba rasa baru. Jangan terus memberikan bubur instan karena bisa berbahaya. Ibu bisa mencoba sayuran kukus yang bisa dipegang bayi sendiri seperti brokoli, wortel dan makanan lain. Ibu bisa melihat sesuai dengan perkembangan bayi ketika makan.
  • Jangan Berikan ASI Menjelang Makan
Kemudian ibu bisa mencoba tidak memberikan ASI menjelang waktu makan. Ketika ibu sudah memberikan ASI maka bayi tidak mau makan. Cobalah untuk memberikan makan dulu kemudian berikan waktu selama beberapa saat. Setelah itu baru berikan ASI sampai bayi merasa kenyang atau cukup.
  • Mengatur Waktu Makan
Kemudian beberapa tips diatas tidak efektif, cobalah mengatur waktu makan bayi. Anda tetap bisa mengajak bayi makan bersama, tapi mengatur waktu makan khusus bayi penting. Bayi biasanya minta ASI atau susu formula pada saat pagi hari, ibu bisa memberikan kebutuhan ini. Kemudian saat sudah agak siang maka tawarkan camilan berupa makanan bayi.
  • Peralatan yang Disukai Oleh Bayi
Ibu bisa mencoba memberikan peralatan makan yang menarik untuk bayi. Selama ibu menyuapi bayi maka biarkan tangan bayi sibuk dengan peralatan makan yang masih kosong. Ini akan merangsang nafsu makan bayi dan juga mendorong sistem syaraf bayi berkembang dengan sempurna.

Itulah beberapa tips agar nafsu makan bayi bisa meningkat sehingga nutrisinya dapat terpenuhi dan daya tahan tubuh serta perkembangan bayi tidak terganggu. Pastikan makanan yang diberikan ke bayi benar-benar bersih dan benar pengolahannya.

Sumber klik disini

No comments :

Post a Comment