BAHAYA!!! Ini Penyebab Gerakan Janin Menjadi Berkurang!!!

uzone.id



Gerakan Janin Normal
Gerakan janin pertama kali dirasakan oleh ibu hamil ketika kehamilannya memasuki usia 16-25 minggu dan biasanya lebih lambat dirasakan untuk kehamilan pertama. Semakin bertambahnya usia kehamilan gerakan janin akan semakin kuat dan terasa karena ukuran janin yang sudah besar dan ruang geraknya yang sempit.
Secara normal, kondisi gerakan janin semakin terasa kuat dan terhitung banyak seiring peningkatan usia kehamilan mendekati persalinan. Pada usia yang sudah memasuki kehamilan 32 minggu, ibu hamil disarankan untuk memantau dan menghitung jumlah gerakan janin. Rata rata jumlah pergerakan bayi yang normal selama kurang lebih 12 jam adalah 10 gerakan dengan asumsi bahwa setiap 1 jam sekali bayi setidaknya terasa bergerak. Rata rata secara normalpun bayi setidaknya bergerak 3 – 4 kali dalam satu jam dan menandakan bahwa konsisinya sehat dan perkembangan yang normal.
Penyebabnya
  • Janin dalam kondisi yang kurang sehat
Gerakan janin yang berkurang dapat menunjukan kondisi janin sedang kurang sehat atau mengarah pada perkembangan yang tidak normal. Meskipun tidak semua kondisi gerakan janin yang berkurang menujukan bahwa masalah pada janin namun untuk memastikannya ibu hamil dapat melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebagai upaya pencegahan keadaan yang tidak diinginkan atau berbahaya bagi janin.
  • Gerakan janin melambat yang normal
Beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab gerakan janin berkurang pada ibu hamil adalah karena janin sedang tidur, efek ibu hamil yang mengkonsumsi obat pereda nyeri atau obat dengan efek menidurkan, ruang gerak bayi yang semakin sempit, dan efek samping dari ibu yang merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi tersebut menyebabkan janin melambat gerakannya dalam tempo yang sementara dan kembali normal kemudian.
  • Nutrisi ibu hamil yang kurang
Penyebab lainnnya adalah nutrisi ibu hamil yang kurang dan tidak terpenuhi dengan baik. Nutrisi ibu hamil yang berkurang tersebut dapat terjadi ketika ibu hamil berpuasa atau kurang mau untuk mengkonsumsi makanan. Ibu perlu terus menjaga makanan sehat untuk ibu hamil yang masuk ke dalam tubuhnya.
  • Ibu hamil sedang stres
Kondisi stres yang dialami oleh ibu hamil dapat menjadi penyebab kondisi gerakan janin menjadi melambat. Stres yang dirasakan oleh ibu hamil dapat langsung berdampak pada janin juga sehingga menjadikannya tidak mau untuk bergerak.
  1. Janin kekurangan nutrisi dan oksigen
Kondisi yang dimaksud berbahaya adalah ketika janin mengalami kekurangan nutrisi dan terutama kekurangan oksigen untuk hidup. Kondisi kekurangan yang merupakan salah satu gangguan kehamilan dapat terjadi ketika darah yang mengandung nutrisi dan oksigen terhambat untuk masuk ke dalam janin akibat plasenta yang terlepas atau terjepit.
Itulah beberapa penyebab gerakan janin berkurang. Mengingat adanya beberapa penyebab berbahaya menjadikan ibu hamil sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter ketika menemukan bahwa gerakan janin melambat dari biasanya.



Sumber klik disini