Bahaya Nanas Untuk Balita yang Harus Diketahui Orang Tua!!!

babyhuki.co.id



Balita merupakan penyebutan bayi yang sudah memiliki usia diatas 1 tahun hingga 5 tahun. Kondisi tubuh balita bisa jadi lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai gangguan baik kondisi kesehatan maupun keadaan gangguan tumbuh kembang anak. Meskipun memiliki kondisi tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi, masih ada peran orang tua yang harus selalu dilakukan untuk menjaga balita selalu memiliki kondisi kesehatan prima dan perkembangan yang optimal.

Memastikan jenis makanan yang diberikan kepada balita penting untuk selalu diperhatikan agar kebutuhan nurtrisi yang dimiliki oleh balita tetap terjaga dan pertumbuhannya selalu dalam kondisi yang normal. Salah satu makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada balita karena efek samping atau bahaya bagi kesehatan adalah buah nanas. Berikut beberapa bahaya nanas untuk balita yang harus diketahui oleh orang tua.

  • Menyebabkan luka pada mulut bayi
Salah satu bahaya yang dapat muncul adalah memicu terjadinya luka pada mulut bayi karena nanas dapat menimbulkan rasa panas dan memberikan luka pada lidah dan mulut. Luka pada bagian mulut dan lidah dapat terjadi akibat rasa asam dari buah nanas serta konsumsinya yang berlebihan.
  • Menyebabkan timbulnya reaksi alergi
Efek samping selanjutnya adalah menyebabkan resiko munculnya reaksi alergi pada balita yang mengkonsumsinya. Hal tersebut tentu dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan balita ketika reaksi alergi terjadi. Gejala reaksi alergi dapat berbeda beda pada setiap balita mulai dari munculnya bintik merah hingga kondisi rasa gatal yang cukup kuat di bagian tubuh tertentu. Alergi buah menjadi salah satu dari alergi pada anak.
  • Menimbulkan rasa gatal
Adanya bulu bulu halus pada kulit dari buah nanas harus dikupas dengan baik dan benar sebelum diberikan kepada balita karena bagian tersebut dapat memicu munculnya rasa gatal yang cukup kuat hingga menyebabkan bibir menjadi bentol bentol. Untuk menghindarinya dapat diperhatikan cara pengupasan buah nanas, tingkat kematangan dari buah nanas tersebut, hingga pembilasan air terlebih dahulu pada buah nanas yang sudah dikupas untuk mengurangi adanya getah.
  • Menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan
Dibalik kandungan nutrisi tersebut, ternyata konsumsi buah nanas pada balita dapat menimbulkan iritasi saluran pencernaan. Dampak iritasi tersebut dhasilkan oleh adanya kandungan asam sitrat di dalam buah nanas.
  • Bahaya lainnya
Pada orang dewasa, buah nanas memiliki beberapa efek samping buruk diantaranya memicu kontraksi pada ibu hamil terutama di kehamilan awal dan beberapa bahaya nanas untuk ibu hamil lainnya, merangsang munculnya penyakit reumatik, serta beresiko meningkatkan kadar gula bagi penderita diabetes gestational.
Nanas sebenarnya sudah dapat diberikan kepada bayi dengan bentuk olahanya pada usia 6 bulan bersamaan dengan makanan pendamping asi lainnnya dan juga dapat menjadi salah satu fingerfood. Meskipun dapat diberikan namun pada prosesnya perlu adanya orang tua untuk selalu memperhatikan kondisi anaknya pasca konsumsi buah nanas dan pastikan bahwa nanas yang diberikan dalam keadaan matang dan dikupas dengan benar.



Sumber klik disini