Bolehkah Ibu Hamil Minum Rebusan Air Kulit Manggis??? Apa Efeknya???

youtube.com



Boleh Tidak?

Manggis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal terutama pada bagian kulitnya. Rebusan kulit manggis mengandung senyawa utama yang bernama Xanthones. Bahan ini efektif untuk mengatasi keluhan penyakit peradangan, virus, dan bahkan bisa menjadi obat anti kanker. Tapi sebenarnya senyawa ini bisa cukup berbahaya untuk ibu hamil. Karena bisa menyebabkan efek pada ibu dan janin dalam kandungan. Jadi sebaiknya ibu hamil tidak minum rebusan kulit manggis.

Efek Sampingnya

  • Memicu alergi
Hal ini disebabkan karena efek hormon kehamilan dan menghambat proses produksi antihistamin dalam tubuh selain memicu morning sickness. Reaksi alergi bisa ditandai dengan munculnya mual, sakit kepala, muntah, gatal pada bibir dan tenggorokan dan bisa juga sesak nafas.
  • Menumpuknya asidosis laktat
Hal yang berbahaya sekali adalah bisa memicu menumpuknya asisodis laktat dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat aliran darah dalam tubuh ibu hamil tidak normal. Gejala yang paling sering terjadi seperti pingsan saat hamil yang diawali dengan rasa lelah dan lemah yang cukup buruk.
  • Mengacaukan gula darah
Jika makan manggisnya yang terlalu banyak maka menyebabkan risiko gestational diabetes, tapi untuk kulitnya bisa menyebabkan kadar gula darah yang rendah. Ini sangat berbahaya untuk ibu hamil karena membuat tubuh tidak sehat lagi dan janin bisa keguguran.
  • Merusak proses pembekuan darah
Rebusan kulit manggis juga berbahaya karena membuat proses pembekuan darah menjadi tidak normal. Hal ini bisa terjadi karena adanya bahan yang mengatur pengenceran darah berlebihan pada kulit manggis. Karena itu jangan minum saat menjelang persalinan.
  • Diare
Mengonsumsi rebusan kulit manggis juga bisa memicu diare yang sangat parah untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan dari bakteri yang masuk ke proses pengeringan kulit manggis. Tentu ini berbahaya karena bisa memicu kontraksi pada ibu hamil.
  • Keracunan
Konsumsi kulit manggis ternyata juga bisa menyebabkan keracunan. Hal ini terjadi karena kandungan xanthone bisa menyebabkan efek sedasi yang membuat ibu bisa kehilangan kesadaran. Jadi bahan senyawa ini akan menekan sistem syaraf pusat dan berbahaya.
  • Insomnia
Minum rebusan kulit manggis juga bisa menyebabkan insomnia. Hal ini bisa terjadi karena efek pada sistem syaraf pusat yang mengganggu kesadaran dan otak tidak bisa menghasilkan perintah untuk tidur. Jadi ini sangat berbahaya untuk ibu dan janin.
Nah itulah semua informasi mengenai bolehkah ibu hamil minum rebusan kulit manggis dan apa efeknya? Semua ibu hamil harus hati-hati dengan semua jenis jamu herbal yang menggunakan kulit manggis.



Sumber klik disini