Bolehkah Ibu Menyusui Makan Coklat??? Apa Tips Amannya???

dapurhalal.com



Boleh Tidak?

Sebelumnya Anda harus melihat bahan yang terkandung dalam coklat. Umumnya coklat sendiri diolah dari bahan kakao matang yang sudah diolah menjadi mentega. Kemudian dalam proses pembuatannya maka akan ditambahkan dengan gula. Jika dilihat dari nutrisinya maka dalam sebatang coklat ada lemak, protein, karbohidrat, kolesterol, theobromine dan lemak.
Melihat semua nutrisi ini maka sebenarnya coklat aman untuk ibu menyusui. Tapi jumlahnya harus dibatasi karena kandungan lemak dan gula yang tinggi. Jika ada riwayat gestational diabetes selama hamil maka gula darah ibu bisa naik dengan cepat. Jadi tetap makan coklat tapi batasi jumlahnya.

Tips Makan

  1. Makan saat menyusui atau setelah menyusui. Banyak ibu menyusui yang stres karena merasakan bayi menangis terus. Untuk itu ibu bisa makan coklat sedikit saja saat menyusui atau setelah selesai menyusui.
  2. Lihat reaksi alergi bayi. Ibu bisa mencoba untuk melihat jika ada masalah reaksi alergi pada bayi. Ini berbahaya karena bisa memicu masalah kesehatan pada janin, seperti kehilangan kesadaran.

Reaksi Alergi Pada Bayi

  • Gelisah dan rewel
Reaksi ini bisa terjadi setelah makan coklat dimana bayi merasa sakit. Coklat mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan pada bayi . Kafein memberi reaksi seperti pada tubuh orang dewasa karena kafein dari coklat masuk ke tubuh ibu lalu sampai ke ASI. Karena itu bayi menjadi gelisah.
  • Gatal dan ruam
Coklat yang dimakan ibu bisa menyebabkan kulit bayi ruam atau gatal. Biasanya reaksi ini cepat terjadi. Ibu mungkin curiga jika itu karena ASI atau pakaian bayi. Tapi ternyata theobromine dari coklat membuat kondisi bayi mengalami alergi sehingga kulit bayi terasa gatal.
  • Bayi menjadi sangat aktif
Kafein dalam coklat bisa menyebabkan bayi menjadi sangat aktif karena kondisi bahan kimia dalam coklat tersebut. Jika sudah seperti ini maka ibu harus menjauhi coklat karena bisa memicu masalah gangguan mental pada bayi.
  • Tidak mau minum ASI
Terkadang ketika ibu makan coklat maka bisa menyebabkan bayi tidak mau minum ASI. Hal ini karena mungkin rasa ASI yang sedikit pahit karena mengadung bahan coklat. Bayi yang menunjukkan reaksi ini berbahaya karena bayi kurang nutrisi dan bisa dehidrasi.
  • Sulit tidur
Kafein dalam coklat dan masuk ke dalam ASI bisa menyebabkan bayi sulit tidur. Memang reaksi ini sama seperti ketika orang dewasa tidak bisa minum kafein. Karena itu sebaiknya ibu menyusui berhenti makan coklat.
Mengonsumsi coklat untuk ibu menyusui boleh boleh saja asal tidak terlalu berlebihan dan diselingi dengan makanan bergizi lainnya yang baik untuk ibu menyusui, serta perhatikan pula gejala yang terjadi pada bayi saat ibu menyusui mengonsumsi coklat. Alangkah baiknya jika ibu bisa mengonsultasikannya dahulu kepada dokter.



Sumber klik disini