Cara Ampuh Agar Anak 2 Tahun Mau Minum Susu Formula

hellosehat.com



Asi biasanya hanya akan diberikan kepada anak hingga menginjak usia 2 tahun dan kemudian secara bertahap akan tidak lagi diberikan dan mengganti kebutuhan susu anak dengan jenis susu formula lainnya untuk tetap menjaga perkembangan bayi atau anak. Penggantian tersebut terkadang cukup sulit ketika anak tidak mau diganti jenis susu yang diminumnya.
  • Pahami penyebabnya
Dengan memahami penyebab yang ada maka langkah dan cara untuk mengatasinya akan lebih mudah serta lebih efektif. Beberapa penyebab yang menjadikan anak sulit untuk minum susu formula diantaranya seperti masih minum air susu ibu, tidak suka dengan rasa susu formula, anak sudah cukup kenyang dengan makanan yang ada, serta punya pengalaman buruk ketika minum susu formula.
  • Hentikan pemberian ASI
Untuk dapat menjadikan anak mau minum susu formula maka ibu harus menghentikan terlebih dahulu pemberian ASI secara langsung dalam proses menyusui terutama usia anak juga sudah menginjak 2 tahun. Dengan tidak diberikannya susu pada anak maka ia akan mau mencoba susu demi terpenuhinya kebutuhan susu pada tubuh anak.
  • Memberikan susu dengan sendok
Pemberian susu perlahan melalui sendok dapat mensimulus anak lebih mau mengkonsumsinya karena seolah olah anak sedang makan makanan tertentu. Memberikan susu formula dengan sendok tentu membutuhkan tenaga dan ketelatenan yang lebih dari orang tua untuk setidaknya sabar hingga anak dapat terbiasa dan menginginkan susunya sendiri.
  • Berikan susu formula pada anak saat bermain
emberikan susu formula pada saat anak bermain akan membantu sedikit demi sedikit membiasakan anak dengan susu formulanya. Sama halnya dengan pemberian susu menggunakan sendok, susu formula yang diberikan saat bermain juga sangat membutuhkan tenaga serta kesabaran orang tua sebagai salah satu cara agar anak mau minum susu formula.
  • Berikan kondisi yang berbeda pada susu formula
Beberapa anak biasanya memiliki riwayat buruk ketika mengkonsumsi susu sehingga menjadi penyebab anak tidak mau minum susu formula. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka ibu harus pintar pintar memberikan kondisi yang berbeda pada susu formula yang diberikan kepada anak. Beberapa kondisi berbeda tersebut misalnya memberikan susu formula pada anak menggunakan botol yang menarik dengan warna dan bentuk yang disukai anak, atau memberikan susu formula dalam keadaan dingin yang kebanyak diberikan pada saat hangat.
  • Tambahkan susu pada makanan lain
Langkah selanjutnya adalah menambahkan rasa susu formula pada makanan lain yang disukai anak seperti cereal, puding, dan lain sebagainya. Ibu atau orang tua juga dapat mengganti susu formula yang diberikan karena bisa jari anak menginginkan rasa yang lain dari susu formulanya dan selalu perhatikan tips memilih susu formula yang baik.
Memberikan susu formula sering kali mendapatkan penolakan dari anak. Selain cara yang diatas, ibu sebaiknya melakukan perencanaan dan persiapan kepada anak sejak jauh jauh hari untuk terbiasa mengkonsumsi susu formula sehingg pada saatnya ketika ASI dihentikan pemberiannya maka anak sudah senang untuk mengkonsumsi susu formula tersebut.



Sumber klik disini