Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil yang Ampuh

popmama.com



Nyeri payudara bisa dimulai sejak awal kehamilan sebagai efek kenaikan hormon kehamilan. Payudara selama hamil akan berubah mulai dari ukuran, bentuk dan tekstur. Payudara menjadi lebih padat karena jaringan kelenjar penghasil ASI akan bekerja secara aktif. Efeknya tidak nyaman dan bisa membuat ibu hamil kesakitan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi payudara sakit saat hamil yang ampuh.
  • Pastikan bra nyaman
Untuk ibu hamil sebaiknya memilih bra yang paling nyaman untuk ibu.Bra yang digunakan sebaiknya harus lebih nyaman dan bisa menopang payudara dengan baik. Jika bra terlalu kencang maka bisa membuat payudara sakit dan tidak nyaman. Jadi gunakan bra yang benar-benar sesuai. Hindari pakaian yang ketat.
  • Kurangi konsumsi garam
Ternyata garam tidak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi. Tapi juga membuat payudara menjadi lebih sakit. Mengurangi garam akan mengurangi rasa sakit secara perlahan karena garam membuat payudara menahan banyak air sehingga payudara menjadi lebih berat. Efeknya pasti membuat payudara sakit dan tidak nyaman.
  • Minum cukup cairan
Cairan yang cukup ternyata bisa mengatasi rasa nyeri pada payudara. Hal ini karena kelebihan atau kekurangan cairan akan membuat sistem metabolisme kacau. Bahkan efeknya juga akan membuat tubuh menahan cairan jika minum air berlebihan. Jika kurang maka akan menyebabkan dehidrasi.
  • Cobalah aktif
Bagi ibu hamil yang kurang aktif maka biasanya merasakan payudara yang lebih sakit karena gerakan fisik yang terbatas akan membuat ibu tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup, termasuk pada bagian payudara. Untuk itu ibu harus mencoba olahraga untuk ibu hamil sehingga tubuh tetap aktif. Selain olahraga maka ibu bisa melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan sehingga tubuh lebih nyaman.
  • Kompres dingin atau hangat
Untuk membuat payudara lebih nyaman maka ibu bisa mencoba untuk mengompres payudara. Ibu bisa melakukan kompres dingin atau hangat sesuai tingkat kenyamanan. Kompres membuat aliran darah dan oksigen lebih lancar sehingga payudara menjadi tidak terlalu sakit.
  • Mengurangi stres
Ibu hamil bisa merasakan payudara yang lebih sakit karena stres dan tekanan yang berlebihan karena perubahan fisik bisa membuat ibu lebih tidak nyaman. Untuk mengatasinya ibu harus mencoba untuk mengurangi stres. Cara ini bisa dilakukan dengan cara yoga khusus kehamilan, senam hamil, meditasi dan bepergian. Ibu sebaiknya aktif untuk berdiskusi dengan pasangan.
  1. Konsultasi ke dokter
Tidak semua nyeri payudara selama hamil menjadi hal yang normal. Bisa saja tanda tersebut memang tidak normal sehingga menjadi gejala penyakit tertentu. Karena itu ketika nyeri payudara disertai dengan munculnya benjolan, demam, mual, muntah, sakit kepala dan berat badan menurun, maka harus segera pergi ke dokter.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi payudara nyeri atau sakit saat sedang hamil. Cara tersebut merupakan cara yang alami tanpa obat-obatan dan jika bisa diterapkan maka akan mengurangi nyeri di payudara saat hamil.



Sumber klik disini