Cara Merangsang Kontraksi Asli Agar Bayi Cepat Lahir

youtube.com



Mungkin ibu sudah mendengar persalinan normal yang menakutkan yang rentan dengan episiotomi. Ibu pasti tidak ingin mengalami hal ini. Belum lagi kabar tentang sakitnya kontraksi yang bisa membuat ibu ingin menyerah. Agar tidak mengalami semua itu maka ibu harus tahu tentang cara merangsang kontraksi asli agar bayi cepat lahir. Berikut penjelasannya.
  • Sering merangsang puting payudara
Selama ibu sudah masuk ke tahap akhir kehamilan maka ibu bisa melakukan ini. Rangsangan pada puting payudara akan membuat rahim mengalami kontraksi yang kemudian proses ini berkembang terus. Ibu hanya harus waspada dengan tidak berlebihan.
  • Pijatan

 tertentu dalam tubuh bisa mengirim sinyal untuk melakukan kontraksi secara alami. Hal ini mungkin dianggap berbahaya tapi itu hanya karena dilakukan bukan ahli. Jika sudah dilakukan ahli maka justru bermanfaat. Pijatan bisa mengurangi rasa takut menjelang persalinan. Tapi ibu harus memastikan tindakan ini mendapatkan izin dari dokter yang merawat.
  • Melakukan hubungan seksual

Melakukan hubungan seksual juga bisa menjadi hal yang baik untuk merangsang kontraksi. Ketika berhubungan seksual yang aman maka bisa memicu orgasme pada ibu. Kemudian ini akan meningkatkan pelepasan hormon oksitosin yang penting untuk membuka jalan lahir. Dengan berhubungan secara rutin bisa membuat pembukaan menjadi lebih cepat.
  • Minum jus nanas

Kandungan bromelain dalam buah nanas sangat baik untuk membuat ibu bisa melahirkan dengan cepat. Enzim ini akan membuat proses pembukaan lebih alami dan bisa menghilangkan rasa haus saat akan melahirkan. Jadi pastikan ibu minum jus nanas segar tanpa gula agar bisa segera mendapatkan kontraksi melahirkan.
  • Konsumsi makanan pedas

Makanan pedas membuat proses induksi alami menjadi lebih cepat. Namun ibu sebaiknya tidak mempunyai keluhan maag sehingga lebih aman. Jika ibu bisa makan pedas maka biasanya otot rahim akan bekerja lebih efektif kemudian ini membuat kontraksi lebih cepat.
  • Gerakan yang aktif

Ibu juga sebaiknya tidak hanya tidur di atas tidur dan menanti kontraksi. Jika ibu ingin mengalami kontraksi yang cepat dan asli maka cobalah untuk lebih aktif. Ibu bisa mengepel lantai sambil berjongkok, berjalan naik turun tangga, latihan dengan bola khusus melahirkan dan merangsang dengan senam hamil dengan gerakan seperti akan melahirkan.
  • Yoga

Banyak ibu tidak bisa mengalami persalinan normal karena stres dan tidak mengalami kontraksi. Untuk itu cobalah mendorong kontraksi alami dengan yoga. Ibu bisa melakukan gerakan yang ringan namun melonggarkan pikiran dan mengurangi stres. Juga membuat tubuh lebih nyaman karena bisa mengatasi sakit menjelang persalinan.
Itulah beberapa cara agar bisa merangsang kontraksi tanda akan melahirkan. Ibu bisa mencobanya sendiri ataupun ditemani ahlinya. Pastikan ibu tetap tenang dan tidak terlalu stress agar cara diatas berhasil.



Sumber klik disini