Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

youtube.com



Ibu hamil 8 bulan berarti sebentar lagi menanti persalinan. Karena itulah banyak ibu yang berusaha untuk bisa melahirkan secara normal. Jika ibu dan bayi dalam kondisi yang sehat maka akhirnya bisa melahirkan normal. Karena itu melatih fisik selama hamil tetap diperlukan terutama hamil tua. Berikut manfaat jalan kaki saat hamil 8 bulan untuk ibu dan janin.
  • Menjaga kesehatan ibu dan bayi sehat

Jalan kaki saat sudah hamil tua baik untuk membantu mempertahankan kesehatan ibu dan bayi dalam rahim. Ini sangat penting karena ibu yang sehat pasti mendapatkan aliran darah yang cukup. Bayi dalam kandungan akan mendapatkan oksigen dan aliran darah yang sehat sehingga bisa lahir normal dan sehat.
  • Membantu proses bayi masuk panggul

Jalan kaki melibatkan gerakan yang aktif pada otot kaki, paha dan perut. Ini akan membuat ligamen terus melebar dan memberi ruang panggul yang cukup untuk bayi. Akhirnya selama masuk ke kehamilan akhir maka sudah merasakan janin masuk panggul. Ini tanda yang baik karena ibu bisa melahirkan normal.
  • Menjaga kadar gula darah yang seimbang

Jalan kaki ringan bisa membantu ibu agar tidak terkena gestational diabetes. Ini kondisi yang buruk untuk ibu dan bayi karena terjadi komplikasi. Karena itu jalan kaki akan membakar kalori, menurunkan kadar gula secara alami, mengendalikan berat badan dan bisa mengurangi risiko persalinan prematur.
  • Menurunkan risiko preeklampsia

Sebaiknya ibu mencoba untuk jalan kaki rutin agar tidak terkena preeklampsia. Komplikasi ini buruk untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan ibu hamil terkena tekanan darah tinggi. Efeknya bayi bisa lahir lebih cepat dan kondisi kesehatan ibu masuk tahap kritis.
  • Menurunkan stres

Rasa takut dan tidak nyaman selama hamil tua akan menyebabkan stres bertambah berat. Jalan kaki membantu ibu menikmati alam, meningkatkan hormon endorfin alami dalam tubuh dan membuat ibu bertemu dengan banyak orang yang mendukung. Ini baik agar ibu tidak stres.
  • Meningkatkan peluang persalinan normal

Jalan kaki saat usia kandungan sudah 8 bulan sangat baik untuk meningkatkan peluang bisa melahirkan normal. Hal ini karena jalan kaki membuat ligamen perut dan paha lebih lebar. Akhirnya kepala bayi akan mudah masuk ke rongga panggul dan membuat pembukaan serviks lebih cepat.
  • Membantu mengatasi rasa nyeri

Selama hamil tua maka ibu memang akan merasa nyeri sendi dan panggul yang cukup kuat. Kebiasaan jalan kaki secara rutin membuat panggul ibu lebih nyaman. Ini juga mengendalikan sistem syaraf yang baik untuk membantu ibu selama kontraksi. Jadi jalan kaki menjadi langkah yang sangat tepat untuk semua ibu hamil.
Itulah manfaat jalan kaki bagi ibu hamil tua. Meskipun hanya sekedar jalan kaki tapi jangan diremehkan karena ternyata manfaat yang banyak.




Sumber klik disini