Penyebab Payudara Kendur Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya

womantalk.com



Penyebab

  • Pengaruh gaya gravitasi
Sebenarnya saat hamil, ibu memiliki payudara yang penuh akibat hormon kehamilan yang membuat ibu mengalami morning sickness. Namun kemudian setelah melahirkan dan menyusui maka payudara lebih banyak tertarik oleh gravitasi. Termasuk saat menyusui dan inilah yang membuat payudara kendur.
  • Efek bentuk dan ukuran payudara
Jika ibu memiliki bentuk payudara yang besar dan panjang maka efek kendur lebih terlihat. Untuk payudara kecil maka tidak tampak bagian yang kendur dan tetap seperti sebelum menyusui. Namun payudara yang besar dan ukuran lain memang terpengaruh dari kesuburan masing-masing.
  • Obesitas
Wanita yang obesitas biasanya memiliki bentuk payudara yang besar. Lalu produksi ASI akan meningkatkan ukuran yang lebih besar lagi. Dan setelah melahirkan maka beberapa lemak hilang dari tubuh termasuk pada payudara dan inilah penyebabnya.
  • Genetik
Ibu dengan keturunan masalah payudara kendur bisa mengalami hal ini karena payudara yang kendur bisa dipengaruhi faktor genetik yang sangat kuat. Jika terjadi masalah ini maka bisa dilakukan pencegahan sejak awal seperti saat masa kehamilan.
  • Menyusui
Mau atau tidak mau ternyata menyusui menyebabkan payudara menjadi kendur. Hal ini bisa terjadi dengan cepat karena bayi menyerap ASI dengan gerakan yang kuat dan ditambah dengan faktor gravitasi. Karena itu lakukan cara menyusui yang tepat.

Cara Mengatasi

  1. Gunakan bra yang sesuai
Ibu harus mencoba menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran. Menggunakan bra yang sesuai akan membantu agar otot payudara tetap kokoh.
  1. Jaga berat badan
Jika ibu akan menurunkan berat badan maka lakukan secara perlahan. Karena ketika ibu melakukan dengan cepat maka banyak bagian lemak yang akhirnya pergi dengan cepat dan membuat kulit di payudara kendur. Lebih baik dilakukan perlahan dan konsisten misalnya dengan makanan yang bergizi dan olahraga.
  1. Rawat kelembapan kulit
Ini sangat membantu agar sel –sel kulit bekerja secaranormal. Kulit di payudara juga kenyal sehingga akan membuat payudara tampak lebih padat. Jika ada banyak keriput disini maka biasanya payudara tampak kendur dan sulit untuk disokong dengan bra yang normal.
Itulah penyebab dan cara mengatasi payudara kendur. Payudara kendur pasti dialami oleh wanita yang baru melahirkan dan menyusui oleh karena itu ibu bisa melakukan perawatan pada payudara agar tidak terlalu kendur.



Sumber klik disini