Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Hamil 5 Bulan dan Cara Mengatasinya

es.123rf..com



Penyebabnya
Berikut eberapa penyebab ibu hamil 5 bulan sakit perut diantaranya seperti :
  1. Pergerakan janin, perkembangan janin tentu sudah cukup besar dan menyebabkan perut ibu hamil mendapatkan beban yang lebih berat. Selain ukuran janin dan volume ketuban, pergerakan janin mulai terasa pada usia kehamilan tersebut. Salah satu penyebab munculnya nyeri para perut adalah adanya pergerakan janin.
  2. Salah posisi duduk atau tidur, ibu hamil tentu harus memastikan bahwa setiap pergerakannya tidak menimbulkan kondisi yang bermasalah. Kesalahan dalam posisi tidur dan duduk menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada perut ibu hamil.
  3. Melakukan aktivitas yang berat, aktivitas berat yang dilakukan oleh ibu hamil. Aktivitas berat atau ibu hamil yang sering mengangkat beban berat tentu menjadi salah satu penyebab munculnya rasa nyeri pada ibu hamil.
  4. Sakit maag, Sakit maag pada ibu hamil dapat dipicu oleh kondisi perubahan hormonal dan pertumbuhan ukuran janin. Sakit maag tidak hanya memicu nyeri namun dapat menyebabkan perut melilit.
  5. Trauma fisik, sakit perut pada ibu hamil 5 bulan dapat dipicu oleh kondisi trauma fisik maupun kelelahan dan bisa jadi merupakan salah satu bentuk tanda adanya kontraksi pada janin di dalam kandungan yang tidak normal.
Cara Mengatasinya
Beikur eberapa cara yang untuk mengatasi sakit perut tersebut diantaranya seperti :
  1. Istirahat, mengistirahatkan tubuh menjadi cara yang harus dilakukan terutama jika disebabkan oleh kondisi kelelahan dan aktivitas yang berat pada ibu hamil. Dalam beristirahat, ibu hamil harus selalu memperhatikan posisi tidur sehingga tidak ada tekanan yang cukup tinggi pada bagian perut.
  2. Kompres dengan air hangat, . Rasa hangat yang ditimbulkan akan membantu memberikan stimulus relaksasi pada bagian perut sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.
  3. Hindari penyebab sakit perut, menghindari penyebab sakit perut pada ibu hamil 5 bulan seperti diatas dapat membantu menghindarikan ibu hamil 5 bulan semakin parah rasa sakit yang terjadi pada perutnya.
  4. Konsumsi makanan sehat, makanan dan minuman tertentu dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kondisi kesehatannya sehingga tidak mudah mengalami rasa sakit termasuk sakit pada perut.
  5. Konsultasi dengan dokter, langkah terakhir jika cara yang diatas tidak berhasil maka mengkonsultasikan kondisi tersebut dengan dokter kandungan merupakan langkah yang tepat agar dapat dipahami penyebabnya lebih detail.




Sumber klik disini