Tips Sit Up Mengecilkan Perut Setelah Operasi Caesar yang Aman

womanblitz.com



Boleh Tidak?

Sebenarnya ibu yang baru saja menjalani caesar bisa saja melakukan sit up. Hanya saja ibu harus cukup waktu melakukan pemulihan rahim pasca caesar. Secara alami semua bagian rahim dan perut ibu bisa kembali normal dalam waktu 6-8  minggu. Namun itu harus dipastikan aman sehingga tidak ada komplikasi pada bekas jahitan. Ibu harus memastikan bahwa jahitan dalam dan luar ibu normal serta tidak ada luka terbuka. Lalu ibu tidak boleh melakukan sit up dengan keras karena bisa sangat berbahaya untuk perut ibu.

Cara Sit Up

  • Mulai dengan pemanasan yang tepat
Jadi sebelum ibu melalukan sit up maka cobalah melakukan pemanasan dengan cara yang tepat. Cara ini dilakukan dengan berjalan ringan secara rutin selama beberapa hari. Ini membiasakan perut ibu mendapatkan tekanan dan gerakan sehingga tidak akan mengalami shock. Berjalan kaki juga baik untuk menyembuhkan bagian otot perut yang terluka selama caesar.
  • Latihan perut ringan
Setelah ibu mencoba untuk pemanasan pada otot perut maka cobalah untuk melakukan latihan perut ringan. Cara ini penting untuk menghindari jahitan terbuka. Latihan ringan ini penting untuk membuat otot perut lebih kuat dan bisa masuk ke dalam kondisi yang paliung siap untuk sit up.
Caranya adalah dengan duduk tegak selama beberapa menit. Kemudian masukkan bagian perut secara perlahan selama 20 menit setiap hari. Lalu tambah waktunya sampai 60 menit. Dengan cara ini maka otot perut tahu bahwa tubuh sedang mencoba melakukan gerakan yang cukup kuat pada perut.
  • Lakukan dengan instruktur
Ketika Anda sudah mendapatkan kekuatan perut yang lebih baik maka Anda siap masuk ke tahap sit up yang sebenarnya. Dalam hal ini penting untuk menggunakan jasa instruktur yang berpengalaman sehingga Anda bisa dibantu. Karena otot perut pasti masih tetap kencang sehingga tidak nyaman saat gerakan maka Anda harus diarahkan dengan cara yang sangat profesional.
Caranya adalah dengan berbaring telentang secara perlahan dari gerakan duduk. Kemudian letakkan tangan di belakang kepala atau dada. Kemudian angkat sedikit kaki sebelum mulai untuk sit up yang sempurna. Kemudian angkat tubuh dan berikan tekanan pada punggung. Lalu mulai naik sampai separuh tubuh dan tahan selama 3 detik. Lalu turun lagi dan mulai sampai Anda bisa menjalani sit up yang sempurna.



Sumber klik disini