Wapada!!! Ini Bedanya Bayi yang Menyusu dan Ngempeng

review.bukalapak.com




Normal atau Tidak???

Aktivitas ngempeng yang ditunjukan oleh bayi pada saat menyusu merupakan hal yang normal dan tentunya tidak masalah pada bayi dan manfaat lain dari menyusui bukan hanya untuk menyalurkan ASI namun juga membantu menenangkan bayi. Akan tetapi, perilaku ngempeng pada bayi tersebut sebaiknya tidak dilakukan sering karena dapat menyebabkan bayi mengalami ketagihan dan bisa aktivitas menyusui tidak akan mampu menyalurkan banyak asi ke dalam tubuh bayi yang dapat menyebabkannya lapar atau bahkan kekurangan nutisi.

Perbedaannya

  • Panjang hisapan
Bayi yang menyusu dengan benar dapat dibedakan dengan ngempeng dari panjang hisapan yang dilakukan oleh bayi saat menyusu. Panjang hisapan dapat dilihat dari ritme gerakan dagu yang terlihat pada saat bayi menyusu. Bayi yang benar benar menyusui akan memiliki ritme hisapan 2X hisapan pendek dan 1X hisapan panjang yang terus berulang. Ketika bayi tidak memiliki ritme seperti itu dan hanya melakukan hisapan pendek maka dia hanya mengempeng karena hisapan panjang merupakan cara bayi untuk memasukan ASI.
  • Sikap bayi setelah menyusu
Bayi yang benar benar menyusu akan merasakan kenyang pada perutnya sehingga tidak akan mudah rewel lagi atau meminta untuk menyusu beberapa saat kemudian. Sedangkan bayi yang hanya mengempeng dapat terlihat dari sikapnya yang rewel ketika puting susu dicabut dari mulut bayi dan pastinya bayi masih akan meminta asi lagi karena memang perutnya belum kenyang.
  • Adanya suara tegukan
Bayi yang benar benar menyusu tidak akan terdengan suara menghisap atau berdecak namun hanya ada suara meneguk sesekali yang terdengar dari bayi. Suara tegukan yang muncul tersebut merupakan tanda bahwa asi masuk ke dalam tenggorokan bayi. Bayi yang hanya mengempeng tidak akan mengeluarkan suara tegukan karena memang bayi hanya ingin memainkan puting susu ibu saja dan pastinya lebih banyak terdengar suara hisapan.
Dalam penjelasan diatas diketahui bahwa ngempeng normal terjadi namun harus dicegah agar tidak terlalu sering karena dapat menyebabkan kebiasaan dan bayi ketagihan. Selalu lakukan cara menyusui bayi dengan benar agar menjadi kebiasaan yang baik.



Sumber klik disini