Ini Cara Merawat Kehamilan Kembar yang Benar | Sehat Sampai Melahirkan

faktualnews.co



Kehamilan kembar akan diharapkan oleh semua pasangan. Karena itu banyak yang mencoba hamil anak kembar. Keinginan ini dianggap wajar untuk pasangan yang memiliki riwayat bayi kembar dalam keluarga atau tidak. Jika tidak maka bisa menjalani bayi tabung untuk mengharapkan bayi kembar, atau dengan cara yang alami. Namun kehamilan kembar memang tidak mudah karena beberapa risiko komplikasi kehamilan riskan terjadi. 
  • Waspadai bayi lahir prematur

Kehamilan kembar paling sering mengalami persalinan prematur karena kondisi komplikasi pada salah satu bayi. Kemudian ibu rentan dengan masalah selama trimester kehamilan akhir sehingga biasanya bayi lahir pada usia kehamilan 7-8 bulan. Karena itu ibu harus paham dengan tanda-tanda persalinan prematur dan segera mencari pertolongan ke dokter jika terjadi.
  1. Perhatikan berat badan ibu
Kehamilan kembar membawa risiko gestational diabetes. Hal ini paling sering terjadi pada usia 20 minggu. Karena itu selama awal kehamilan ibu harus menjaga makanan yang sehat dan mencegah terjadi kenaikan berat badan berlebihan. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai kebutuhan nutrisi selama hamil.
  1. Seimbang kebutuhan nutrisi
Hal ini penting sekali untuk kehamilan kembar karena ibu hamil bisa terkena masalah kekurangan vitamin, mineral atau zat gizi tertentu. Dampaknya bisa menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan penyakit tertentu. Jadi konsumsi semua jenis nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi dalam kandungan.
  1. Penuhi kebutuhan zat besi
Aliran darah yang dibutuhkan untuk kehamilan kembar lebih tinggi dibandingkan kehamilan biasa. Karena itu ibu bisa mencoba mendapatkan suplemen zat besi atau konsumsi makanan sumber zat besi agar tidak mengalami anemia. Selain dari suplemen maka juga bisa mengonsumsi makanan seperti bayam, brokoli, ikan, ayam dan makanan lain.
  1. Lakukan pemeriksaan antenatal
Pemeriksaan ini harus rutin untuk memantau kondisi bayi dalam kandungan dan juga kesehatan ibu. Pemeriksaan ini mencakup kondisi kesehatan ibu secara umum, detak jantung bayi, posisi bayi, kelengkapan organ tubuh bayi dan status kesehatan yang lain. Sebaiknya ibu tidak melewatkan pemeriksaan ini agar tetap sehat.
  1. Cukupi kebutuhan air
Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan cairan karena ibu hamil kembar sangat rentan dengan dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena aliran darah dalam tubuh ibu lebih besar sehingga cairan penting untuk metabolisme. Jika ibu terkena dehidrasi maka berbahaya untuk janin.
  1. Olahraga
Ibu hamil kembar biasanya membatasi gerakan karena takut kondisi janin akan terpengaruh oleh gerakan. Namun olahraga dan tetap aktif dalam kondisi yang normal ternyata disarankan secara medis. Hal ini penting untuk menjaga agar kesehatan ibu tetap baik selama hamil. Olahraga membuat aliran darah lancar sehingga mengurangi gangguan kehamilan seperti nyeri punggung, nyeri sendi dan nyeri otot. Namun harus memilih olahraga yang wajar dan tidak berlebihan seperti berjalan kaki setiap pagi.
Itulah beberapa cara merawat bayi kembar dalam kandungan sampai melahirkan. Ibu hamil kembar bisa mengikuti tips ini sehingga hamil tetap sehat sampai bayi lahir dalam kondisi yang sempurna dan sehat.




Sumber klik disini