Ini Manfaat Tersembunyi Lempuyang, Ternyata Bisa Meningkatkan Nafsu Makan Bayi!!!

jurnalkesehatan.com




Bayi memang rentan mengalami masalah kesehatan, mengingat kondisi imunitas tubuhnya belum bekerja optimal. Ketika menemukan suatu permasalahan kesehatan pada bayi, beberapa ibu masih mempercayai bahwa menggunakan tanaman herbal menjadi salah satu pilihan tanpa resiko. Ada banyak tanaman herbal yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan bayi yang salah satunya adalah lempuyang.
  • Menambah nafsu makan
Lempuyang merupakan rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan maupun pengobatan alami. Lempuyang banyak dimanfaatkan sebagai komposisi dalam ramuan traditional atau jamu yang digunakan untuk menambah nafsu makan pada anak anak atau bayi. Lempuyang dapat dimanfaatkan bersamaan dengan tebu ireng.
Lempuyang diparut dan ditambahkan dengan air dari tebu ireng untuk dijadikan jamu cekok atau jamu yang pemberiannya dengan cara mencekokan pada bayi yang bermanfaat membantu menjaga kondisi kesehatan pada bayi yang masih berkembang di daerah pedesaan. Manfaat lempuyang sebagai cara penambah nafsu makan bayi 8 bulan sudah dipercaya sejak lama secara turun temurun.
  • Membantu meredakan demam
Peningkatan panas tubuh atau demam merupakan salah satu gejala sakit yang paling sering dialami oleh anak anak. Salah satu manfaat lempuyang untuk bayi lainnya adalah membantu meredakan demam termasuk mencegah bayi mengalami kejang karena adanya kandungan senyawa anti kejang. Lempuyang dapat menjadi alternatif pilihan mengatasi demam pada anak secara traditional bagi ibu yang takut menggunakan obat obatan medis atau obat kimia pada bayi karena resiko efek sampingnya.
  • Mengatasi masuk angin pada bayi
Lempuyang memiliki kandungan minyak atisiri yang melimpah dengan berbagai macam manfaatnya. Salah satu manfaat dari lempuyang untuk bayi adalah membantu mengatasi masuk angin pada bayi karena adanya efek menghangatkan dari lempuyang. Lempuyang selain memberikan efek menghangatkan, mampu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh sehingga masuk angin dapat diobati.
  • Mencegah beberapa penyakit berbahaya
Ramuan rempuyang dapat membantu mencegah terjadinya beberapa penyakit berbahaya bagi bayi seperti tuberculosis atau TBC yang merupakan permasalahan dengan kasus yang cukup banyak di masyarakat. Lempuyang mampu mencegah terjadinya TBC karena memiliki sifat mampu menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh bayi. Selain TBC, lempuyang dapat dimanfaatkan untuk mencegah maupun membantu dalam pengobatan penyakit malaria. Rimpang lempuyang dan tambahan bahan lain seperti madu dapat diberikan rutin kepada bayi untuk meningkatkan kondisi kesehatannya dan mencegah penyakit berbahaya.
  • Membantu mengatasi diare dan iritasi
Diare menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya dampaknya pada bayi sehingga harus segera diatasi dengan baik dan lempuyang menjadi salah satu pilihan dalam mengatasi diare pada bayi secara traditional. Iritasi kulit yang disebabkan karena reaksi alergi pada bayi juga dapat dibantu pengatasannya dengan memanfaatkan rimpang lempuyang.

Melihat penjelasan diatas, lempuyang sudah sejak lama dikenal untuk mengatasi kondisi bayi yang susah makan dan memang dapat membantu meningkatkan kesehatannya. Ramuan lempuyang sebagai obat traditional menjadi alternatif pilihan pengobatan lain bagi ibu yang merasa ketakutan dengan resiko efek samping dari obat obatan medis.





Sumber klik disini