JANGAN DIREMEHKAN!!! Ternyata Ini Manfaat Anak Bermain Bersama Orang Tua

educenter.id



Salah satu aktivitas utama dari anak anak adalah bermain sehingga ibu harus siap untuk mengajaknya bermain atau membelikannya mainan. Mainan bagi anak menjadi peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya yang tidak boleh disepelekan oleh anak. Bermain bersama menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi anak dibandingkan bermain sendiri.

Manfaat Bermain Bersama orang tua

  • Menjaga anak
Anak merupakan usia dimana ia terkadang belum dapat membedakan mana suatu aktvitas yang berbahaya atau tidak dan mana yang bisa dilakukan. Dengan bermain bersama anak anak, orang tua dapat menjaga anak dari adanya berbagai resiko berbahaya disekitar anak ketika bermain seperti terjatuh dan lain sebagainya.
  • Memahami perilaku anak
Pemahaman terhadap perilaku dan kebiasaan sikap yang dimiliki oleh anak tersebut sangat penting dan berguna bagi orang tua untuk mengarahkan dan menjaga perkembangan anak dalam kondisi yang sehat. Mengajak anak bermain juga membantu dalam cara mendidik anak agar nurut.
  • Mengembangkan bakat anak
Dengan mengetahui bakat pada anak anak tersebut maka orang tua dapat membantu mengarahkan kemampuan yang dimiliki oleh anak anak dengan bakat yang dimilikinya agar bisa berkembang menjadi kemampuan khusus yang memang dimiliki oleh anak secara ahli.
  • Meningkatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua
Manfaat lainnya adalah membantu membangun hubungan emosional yang baik antara orang tua dengan anak. Bermain bersama akan meningkatkan hormon bahagia pada anak anak sehingga membantu menjaga anak selalu senang dan ceria. Mengajak anak bermain merupakan salah satu upaya dalam cara mengatasi anak hiperaktif.

Manfaat Bermain Bersama teman sebaya

  • Melatih komunikasi
Manfaat pertama adalah untuk melatih kemampuan komunikasi dari anak sehingga membantu mengatasi anak lambat bicara. Bermain bersama teman akan memaksa anak untuk berkomunikasi dan menjadikan anak tidak memiliki rasa minder ketika bertemu dan bermain lagi dengan teman sebayanya.
  • Melatih bersosialisasi
Manfaat lainnya adalah melatih kemampuan untuk bersosialisasi. Dengan semakin sering bertemu dan bermain bersama teman maka secara tidak langsung anak mudah bergaul dan memahami bagaimana cara bersosialisasi yang benar termasuk bagimana cara memulai mengenalkan diri pada orang lain.
  • Memperkaya pengalaman
Salah satu kondisi yang dapat menjadikan anak memiliki pengalaman yang banyak adalah ketika bermain bersama teman teman sebayanya. Aktivitas bermain akan mengajarkan anak menemukan banyak hal baru dibandingkan ketika anak harus bermain sendiri tanpa adanya teman. Selain itu, bermain dengan teman sebagai juga menghindari bahaya gadget bagi balita.
Bermain merupakan aktivitas utama bagi anak dimana ia akan mampu mempelajari banyak hal dari kegiatan tersebut. Mengajak anak bermain bersama dengan teman sebayanya maupun dengan orang tua sangat penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak.



Sumber klik disini