Makanan Berkalsium yang Wajib Dikonsumsi Bayi 6 Bulan

alodokter.com




Diantara beberapa nutrisi pertumbuhan bayi, kalsium menjadi yang paling banyak bermanfaat dan harus terpenuhi. Pada bayi 6 bulan, kalsium bukan hanya dipenuhi dari konsumsi ASI namun dapat melalui makanan yang memang sudah dapat diberikan.

  • Susu

Susu satu gelas (200 ml) mengandung kurang lebih 220 gram. Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada bayi 6 bulan. Susu pada bayi dapat diperoleh melalui dua sumber yakni ASI atau susu formula. ASI tentu memiliki nilai yang lebih positif karena lebih alami dibandingkan dengan susu formula. Kedua susu dapat dijadikan makanan bayi berupa bubur susu yang diberikan setelah bayi memiliki usia kurang lebih 6 bulan.

  • Tahu

Tahu menjadi salah satu sumber kalsium bagi bayi karena kandungan kacang kedeleai sebagai bahan dasar pembuatan tahu. Tahu  memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah sekali diolah menjadi makanan bagi bayi 6 bulan yang memang mensyaratkan semua makanan yang dapat dikonsumsi oleh bayi dengan usia 6 bulan haruslah bertekstur lembut dan mudah ditelan oleh bayi.

  • Ikan teri

Ikan teri seringkali dijadikan salah satu tambahan campuran dalam pemembuat MPASI karena kandungan nutrisinya yang cukup baik terutama kalsium dan protein. Dalam satu ons ikan teri dapat diperoleh 1200 gram kalsium yang akan memenuhi semua kebutuhan kalsium harian. Ikan teri dapat diolah menjadi beberapa bentuk MPASI dan pastikan tektur ikan teri sudah lembut ketika dibarikan kepada bayi.

  • Kacang kedelai

Kandungan kalsium dalam kacang kedele tersebut sebanyak 55 gram kalsium untuk satu mangkok. Kacang kedelai perlu diolah terlebih dahulu menjadai makanan yang sesuai dengan tekstur yang dapat dicerna oleh bayi. Ada banyak manfaat kacang kedelai bagi tubuh bayi selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki bentuk khas dan memiliki kandungan kalsium cukup tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya. Pengolahan brokoli sebagai makanan pendamping ASI cukuplah mudah dan bahkan brokoli juga digunakan sebagai salah satu media finger food.

  • Buah tin

Buah tin merupakan buah musiman yang akan berbuah pada saatnya. Selain kalsium, buah tin juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan dan serat. Buah tin mengandung setidaknya kurang lebih 135 gram kalsium.

  • Makanan lainnya

Ada beberapa tambahan makanan lain yang memiliki manfaat yang sama dalam memenuhi kebutuhan asupan kalsium tubuh. Makanan lain tersebut seperti jeruk, kacang almond, dan sayuran organik hijau.
Makanan yang dipilih perlu disesuaikan dengan kondisi bayi yang hanya dapat mengkonsumsi makanan dengan tekstur halus sesuai dengan pola makan bayi 6 bulan. Pemilihan jenis makanan sebaiknya diperhatikan masing masing  sesuai dengan kondisi bayi dan rekomendasi dari dokter.



Sumber klik disini